Beranda Lintas NTT Rekomendasi 33 Cakades Belu Menunggu Pemeriksaan Inspektorat

Rekomendasi 33 Cakades Belu Menunggu Pemeriksaan Inspektorat

727
0

BELU, Flobamora-news.com – Rekomendasi 33 Cakades incumbent di Belu masih menunggu hasil pemeriksaan Keuangan Desa dari Inspektorat Kabupaten Belu pasca masa jabatan sebagai Kepala Desa (Kades) berakhir. Hal ini diungkapkan Bupati Belu, Willy Lay kepada wartawan usai mengikuti pembukaan sidang I di kantor DPRD Belu, Senin (15/07/2019) siang.

Bupati Willy menuturkan bahwa saat ini pihak Inspektorat Kabupaten Belu tengah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Desa di masa akhir jabatan Kades dan ingin maju lagi sebagai Cakades (Incumbent).

“Saat ini inspektorat sementara melakukan pemeriksaan. Kalau ada temuan, nanti kita tunggu dan kita pertimbangkan,” ujarnya.

Dikatakan, rekomendasi yang akan dikeluarkan bukan atas dasar suka tidak sukanya, tapi perlu dipertimbangkan lagi dari hasil pemeriksaan Inspektorat.

“Kita keluarkan (rekomendasi) bukan atas dasar suka tidak suka, kita tunggu hasil dari inspektorat. Kita jangan cari-cari orang punya kesalahan (kesalahan Kades-red),” jelasnya.

Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Belu, Iwan Manek yang dihubungi secara terpisah mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan sejumlah administrasi ADD. Total Desa yang diperiksa sebagai bentuk monitoring dan evaluasi (Monev) sebanyak 33 Desa dan akan segera rampung.

“Total 33 Desa. Sebagian besar sudah rampung. Dalam satu atau dua hari kedepan semuanya fix,” jelasnya Iwan melalui layanan pesan WhatsAppnya, Selasa (16/09/2019).

Sebagai informasi, sebanyak 33 Desa di Kabupaten Belu akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa secara serentak Bulan Oktober 2019 nanti.

33 Desa tersebut yakni Desa Henes, Desa Lakmaras, Desa Loonuna, Desa Lutharato, dan Desa Sisi Fatuberal di Kecamatan Lamaknen Selatan. Desa Fulur, Desa kewar, Desa Leowalu, Desa Dirun, Desa Lamaksenulu, Desa makir, dan Desa Duarato di Kecamatan Lamaknen.

Selain itu, Desa Tohe Leten dan Desa Asumanu di Kecamatan Raihat. Desa Lakanmau, Desa Dualasi, dan Desa Baudaok di Kecamatan Lasiolat. Desa Takirin, Desa Tialai, Desa Silawan, dan Desa Umaklaran di Kecamatan Tasifeto Timur. Desa Jenilu, Desa Kenebibi, Desa Fatuketi, Desa Kabuna, dan Desa Dualaus di Kecamatan Kakulukmesak. Desa Teun, Desa Rafae, DesaMandeu, dan Desa Leuntolu di Kecamatan Raimanuk. Desa Nanaet danDesa Dubesi di Kecamatan Nanaet.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar