Beranda Wisata Budaya Robi Selan : Kabupaten TTS Harus Menjadi Daerah Tujuan Parawisata Nasional

Robi Selan : Kabupaten TTS Harus Menjadi Daerah Tujuan Parawisata Nasional

180
0

SOE, Fobamora-news.com – Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), merupakan salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki pesona alam dan budaya yang mempesona. Semuanya itu merupakan sumber daya modal bagi usaha pengembangan dan peningkatan pariwisata. Modal tersebut harus di manfaatkan secara optimal melalui penyelenggaraan pariwisata
oleh pemerintah daerah dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah. Selain itu harus Ada rangkaian-rangkain untuk mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan berbagai sumber daya yang berpotensi dan cara membuat para pengunjung menjadi tertarik terhadap suatu objek wisata.
Hal ini dusampaikan oleh Wakli Ketua Dewan Perwakilab Rakyat Daerah (DPRD) Yusuf Soru di tempat wisata Taman Bu’at pada, Junat (17/9/2921).

Menurut Robi bahwa, pemerintah melalui Dinas Pariwisata mewujudkan misinya melalui dukungan agar kabupaten TTS sebagai daerah tujuan wisata nasional. Dukungan ini mulai dari penguatan kelembagaan, sosialisasi sadar wisata, kerja sama untuk membangun kuliner dan yang paling utama adalah penguatan kelembagaan,

“Jika penguatan kelembagaannya mantap maka kita bisa berkreasi, sehingga koloborasi antara kebijakan anggaran yang diberikan dengan inplementasi kegiatan di lapangan”, jekas Robi.

“Adanya virus covid-19, pemasukan di setiap obyek wisata menurun drastis karena tidak ada pengunjung. Namun akhir-akhir ini ada peningkatan sehingga bisa mencapai PAD. Obyek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata yang mendatangkan PAD hanya tiga obyek wisata, yaitu obyek wisata Fatumnasi yaitu pada konteks penginapan, sedangkan obyek wisata Oetune dan taman wisata Bu’at hanya untuk jasa retribusi masuk saja”, kata Robi.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD, Yusuf Soru mengatakan bahwa, kita harus mendukung wisata Fatumnasi ke ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) AWRDS 2021, Karena jika wisata Fatumnasi juara maka kita pun ikut senang.

“Salah satu hal untuk meningkatkan perekonomian daerah adalah parawisata sehingga kita harus bekerja sama untuk menghidupkan semua tempat wisata yang ada. Jika semua tempat wisata ditata dan dikelola dengan baik dan benar, maka otomatis PAD nya akan meningkat, dan lapangan kerja buat masyarakat akan semakin banyak, sehingga akan mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan. Strategi yang harus kita pakai untuk membangun wisata yang ada adalah strategi kampanye masif dan berkualitas”, pungkas Yusuf.


Reporter: YOR T


Komentar