Beranda Kesehatan Rudolf Talaan: Bersama Tuhan dan Taati Arahan Pemerintah Kami Yakin Badai...

Rudolf Talaan: Bersama Tuhan dan Taati Arahan Pemerintah Kami Yakin Badai Pasti Berlalu

370
0

Foto: Camat Kupang Tengah RUDOLF TALAAN

KUPANG, Flobamora-news.com – Dalam upaya pencegahan wabah virus Covid 19 yang kini telah merambah ke Nusa Tenggara Timur Pemerintah Kecamatan Kupang Tengah telah mengambil langkah-langkah edukasi bagi masyrakat agar tidak panik tetap tenang dan jalankan sesuai arahan pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Rudolf Talaan Camat Kupang Tengah Kabupaten Kupang melalui pesan WhatsAap (WA) pada, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Camat Rudolf, angkah-langkah  yang telah kami lakukan dalam menghadapai covid 19 di Kecamatan Kupang Tengah adalah sebagai berikut:

1. Sebagai camat, saya mengeluarkan surat himbauan kepada seluruh kepala desa dan lurah untuk mengumumkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk waspada dan memperhatikan situasi yang sedang berkembang mengenai covid 19. Masyarakat harus taat, patuh dan.peka menjaga diri dan lingkungannya.

2. Melakukan koordinasi dengan unsur Muspika dalam hal ini Pak Kapolsek Kupang Tengah, Pak Danramil 1604-0, ibu Kepala Puskesmas Tarus dan Ketua Klasis Kupang Tengah untuk mengambil langkah penanganan. Dalam rapat tersebut ada beberapa kesepakatan untuk kami kerjakan. Awalnya kami patroli bersama sambil menyampaikan info keliling ke semua desa/lurah yang ada dalam wilayah Kecamatan Kupang Tengah. Isi info adalah melakukan pembersihan disekitar lingkungan masing masing karena wabah Vorus Covid 19 sangat berkembang degan cepat kalau lingkungan kita kotor. Respon masyarakat cukup baik yang ditandai dengan kerja bakti yang jadwalnya diatur oleh kades/lurah sehingga kami yang unsur Muspika hadir semua.

3. .Dalam perkembangannya ternyata covid 19 mulai meningkat dan ramai diperbincangkan banyak orang termasuk himbauan pemerintah pusat sampai dengan himbauan Bupati Kupang serta Maklumat Kapolri maka kami lakukan langkah berikut yaitu menggunakan mobil patroli Polsek dan mobil ambulance Puskesmas melakukan.pengumuman keliling disemua wilayah Kupang Tengah tentang poin poin himbauan pemerintah serta Maklumat Kapolri.

4. Langkah berikut yang kami lakukan adalah melakukan.penyemprotan disinfektan mulai dari Kantor Puskesmas, Mapolsek, pasar seribu, masjid, gereja, kantor-kantor desa, kantor camat, pustu, terrminal Noelbaki dan beberapa rumah penduduk yang dengan kesadaran sendiri minta untuk disemprot rumahnya. Juga  beberapa toko disekitar Tarus. Semua kegiatan ini kami kerjakan secara swadaya tanpa menunggu bantuan dari gugus tugas covid 19 tingkat kabupaten.

Lebih lanjut Camat Rudolf menuturkan bahwa Kami bersyukur  ketika kami punya keterbatasan ada masyarakat yang secara spontan membantu kami seperti ada bantuan Enam unit tandon untuk cuci tangan yang disumbangkan oleh Bapak Octory Gasperz dkk, Tiga unit mesin semprot yang disumbangkan oleh Bapak Boby Pakh serta arahan dari Ketua Klasis Kupang  Tengah kepada semua pemimpin umat untuk menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk semprot dan para kepala desa juga siapkan bahan sehingga petugas dari Puskesmas tidak mengalami kesulitan bahkan keluhan ibu Kepala Pustu bahwa  bahan dan barang terbatas bisa kami atasi dengan baik. Kegiatan ini kami kerjakan jauh sebelum datang bantuan dari tim gugus tugas kabupaten.

“Ketika kami ada dimasyarakat untuk memberi penguatan, kami selalu katakan kepada masyarakat bahwa apabila menaati himbauan pemerintah dan pimpinan umat beragama maka yakin bahwa anda akan selamat, tidak usah takut dan kuatir karena penyakit ini dapat disembuhkan”, ujarnya.

“Hal utama yang kami sampaikan agar menjadi perhatian adalah bantu pemerintah awasi secara ketat setiap orang baru dari luar daerah yang masuk diwilayah ini segera laporkan kepada RT setempat dan segera teruskan kepada kepala desa atau lurah, selanjutnya segera lanjutkan ke camat, Kepala Pueskesmas dan Kapolsek serta Danramil untuk dilakukan penanganan sesuai prosedur. Kondisi ini bertahan sampai sekrang”, kata camat Rudolf

“Singkatnya koordinasi dan kerjasama antar unsur pimpinan di Kecamatan Kupang Tengah berjalan sangat baik. Karena itu kami sangat yakin bahwa kalau keadaan seperti ini tetap dipertahankan maka saya yakin rakyat Kupang Tengah aman dan.nyaman. Kami sangat membutuhkan do’a dan dukungan masyarakat untuk bersatu. Bersama Tuhan kami yakin bahwa BADAI PASTI BERLALU”, tutup Camat Kuoang Tengah


Reporter: Ricky Anyan


Komentar