Beranda Ekonomi Bisnis Sapi Bali Milik Asar Juara Kontes Ternak Tingkat Kota Kupang

Sapi Bali Milik Asar Juara Kontes Ternak Tingkat Kota Kupang

268
0

KUPANG, Flobamora-news.com –Kontes ternak sapi diadakan setiap tahun oleh Dinas Peternakan Propivinsi bekerja sama dengan Dinas Peternakan yang ada diseluruh Provinsi Nusa Tenggara Timur dan semua UPTD Peternakan tanpa terkecuali. Selain itu juga kami melibatkan Dnas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian dan melibatkan unsur masyarakat petani ternak yang ada di Provinsi ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Propinsi Ir. Dhani Suhandi di Kekurahan Naioni Kecamatan Alak Kota kupang, Rabu (26/6/2019).

Menurut Dhani kontes ternak puncaknyabesok (Kamis-27-6), hari ini sebanyak 60 ekor sapi diikutkan dalam Kontes Ternak Sapi Tahun 2019 yang digelar Pemerintah Kota Kupang.

“Pada pegelaran ini, Kontes Ternak Sapi Tingkat Kota Kupang ini dipusatkan di wilayah Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak dan diikuti 28 peserta dari 4 kecamatan. Pegelaran kontes ditutup Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore yang ditandai dengan penyerahan hadiah bagi para juara”, ujar Dhani

Untuk kategori Sapi Bali Jantan Penggemukan, keluar sebagai juara 3 atas nama Bertus Nomleni dari Fatukoa dengan ternak sapi berusia 4 tahun dan berat 423 kg, juara 2 diraih Filter Ndolu dari Lasiana dengan ternak sapi berusia 3 tahun dan berat 308 kg. Sementara keluar sebagai juara pertama yakni Asar Dolu  dari Sikumana dengan ternak sapi berusia 2 tahun dan berat 371 kg.

Untuk kategori Sapi Bali Jantan Bibit, sebagai juara 3 adalah Mateos Ibu dari Belo dengan ternak sapi berusia 3 tahun dan berat 282 kg, juara 2 atas nama Bernadus Tokael dari Naioni dengan ternak sapi berusia 3 tahun berat 382 kg dan juara pertama diraih Frits Aluman dari Naioni dengan ternak sapi berusia 2 tahun dan berat 270 kg.

Sementara untuk kategori Sapi Bali Betina Induk,  juara 3 diraih Leo Baitanu dari Belo dengan ternak sapi berusia 4 tahun dan berat 275 kg, juara 2 diraih Veki Amnesi dari Naioni dengan ternak sapi berusia 3 tahun dan berat 235 kg serta juara pertama diraih Asar Ndolu dari Naioni dengan ternak sapi berusia 4 tahun dan berat 307 kg.

Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore mengucapkan selamat kepada para juara saat menyerahkan hadiah. Kontes Ternak Sapi Tingkat Kota Kupang ini berlangsung selama dua hari dan ditutup Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore, Rabu (26/6/2019) siang.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kupang, Obed Kadji menyatakan, Kontes Ternak Sapi bertujuan meningkatkan minat dan memotivasi para peternak dan pelaku usaha bidang peternakan, meningkatkan produktivitas hasil peternakan, mengukur kemajuan dan perkembangan budidaya peternakan dan meningkatkan kemampuan kelompok peternak dalam budidaya ternak serta meningkatkan investor budidaya ternak di Kota Kupang. Sedangkan sasaran kegiatan adalah para peternak hewan besar (sapi) di Kota Kupang.

 

 

 

 


Reporter: Ricky Anyan


Komentar