Beranda Hukum & Kriminal Satgas TKI Nonprosedural Gagalkan Kebrangkatan Gadis Asal Sulamu

Satgas TKI Nonprosedural Gagalkan Kebrangkatan Gadis Asal Sulamu

306
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Satuan Tugas (Satgas) Tenaga Keraja Indonesia (TKI) Nonprosedural kembali menggagalkan keberangkatan Novitri Yuliana Leluk gadis asal Sulamu TKI ilegal yang hendak berangkat ke Pontianak.

Petugas Satgas mencegah Novitri didepan pintu cek in Bandara El Tari Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (13/6/2019) sekitar pukul 04.50 Wita, yang hendak berangkat menggunakan pesawat Lion Air JT 0691.

Anggota Satgas Volkes Nanis saat dihubungi wartawan membenarkan hal tersebut.

Menurut Volkes pencegalan tersebut dilakukan karena yang bersangkutan masih berusia 18 tahun namun mau menjadi pembantu rumah tangga.

“Usia seperti inikan bukan usia angkatan kerja tapi kenapa mau menjadi pembantu rumah tangga”. Kata Volkes

Saat diinterogasi petugas Novitri mencoba mengelabui dengan mengaku akan pergi ketempat orang tua kandung di surabaya. Namun setelah diinterogasi lebih detail ternyata Ia ke Pontianak untuk bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) di majikannya atas nama Marselin Elim dengan upah per-bulan Rp 1.000.000.

Novitri mengaku diajari oleh majikannya bahwa ketika ditanya petugas, bilang saja ke orang tua di Surabaya jangan bilang mau pergi bekerja ke Pontianak.

Selain Novitri petugas juga menahan 2 orang calon TKI Ilegal Yohanes Bau dan Fransiskus Neno. Keduanya awalnya mengaku ke Surabaya untuk bekerja di Gresik,ternyata kedua calon tenaga kerja tersebut ke Palangkaraya untuk bekerja di perusahaan kelapa sawit milik PT.ACM

Bahwa karena akan keluar daerah untuk bekerja secara ilegal kemudian petugas Satgas Depnaker Walter Nggiring,SE dan Danial Missa memberikan pemahaman dan menunda keberangkatan ketiga calon tenaga kerja Nonprosedural.

Berikut Data nama Calon
Tenaga Kerja Ilegal:

Novitri Yuliana Leluk (18) beralamat di RT. 004/RW.002 Desa Pantulan Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang pendidikan terakhir SD

Yohanes Bau (24) beralamat di RT 001/RW 001 Desa Nauke Kuse Kecamatan Laen Manen Kabupaten Malaka pendidikan terakhir SMP.

Fransiskus Neno (32) jenis kelamin laki-laki beralamat di RT 001/RW 001 Desa Nauke Kusa Kecamatan Laen Manen Kabupaten Malaka. Pendidikan terakhir SD. (RBT)

Komentar