Beranda Kesehatan Satu Orang Pelaku Perjalanan di Belu Terindentifikasi Positif Covid-19

Satu Orang Pelaku Perjalanan di Belu Terindentifikasi Positif Covid-19

1383
0

Belu, Flobamora-news.com – Satu Orang Pelaku Perjalanan dari Pulau Bali ke Atambua teridentifikasi Posistif Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, dr. Joyce Manek, M. Phd ketika dihubungi media ini pada, Jumat (23/10/2020) malam.

Satu lagi pelaku perjalanan terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan merupakan seorang tukang yang saat ini sedang melakukan pekerjaan rehab bangunan di salah satu Bank di kota Atambua.

Menurut Kadis, Swab terhadap pasien telah dilakukan pada tanggal 20 dan langsung dikirim ke Kupang untuk tes PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasil PCR menunjukan pelaku terkonfirmasi positif Covid-19.

Usai menerima hasil PCR itu, Tim gugus Tugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belu langsung mengontak pasien. Akan tetapi, pasien mengaku bahwa dirinya saat ini telah berada di Bali.

Tak hilang akal, Kadis Kesehatan pun segera melakukan koordinasi dengan Kadis Kesehatan Kabupaten Bangli-Bali untuk memberitahukan hasil PCR sekaligus memastikan keberadaan pasien.

Selain itu, dr. Joyce pun tetap meminta para petugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Belu untuk tetap melacak keberadaan pasien.

Sekitar pukul 18.30, dr. Joyce mendapat informasi dari timnya bahwa si Pasien ternyata masih berada di Kota Atambua. Karena itu, Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Belu langsung bergerak cepat untuk menjemput pelaku. Selain itu, dr. Joyce pun langsung berkoordinasi dengan Direktur RSUD Atambua untuk segera menyiapkan ruang isolasi bagi pasien.

Akan tetapi, sesampai di tempat tinggal pasien, pasien ternyata tidak kooperatif. Karena itu, dr. Joyce meminta bantuan pihak Polres Belu untuk menjemput paksa pelaku.

dr. Joyce sendiri belum bisa memastikan sudah berapa lama pasien berada di Kota atambua. Pasalnya, sang pasien tidak ingin menjawab pertanyaan yang diajukan tim Gugus Tugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belu.

Untuk Diketahui, saat ini, Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Belu sudah dua orang. Hanya saja, pasien Pertama terkonfirmasi positif Covid-19 saat sudah berada di Kupang. Pasien itu pun langsung dirawat di RSUD S.K. Lerik Kupang.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar