Beranda Hukum & Kriminal Ini Manfaat Masyarakat Pemilik Kendaraan Wajib Bayar Dana SWDKLLJ

Ini Manfaat Masyarakat Pemilik Kendaraan Wajib Bayar Dana SWDKLLJ

413
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Masyarakat pemilik kendaraan harus tahu manfaat membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Dana ini akan ditampung oleh Jasa Raharja. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Setiap masyarakat pemilik kendaraan bermotor, pasti punya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). di dalam STNK ada tabel tertulis SWDKLLJ dan nominal jumlah yang harus dibayar.

SWDKLLJ bukan Asuransi, namun Sumbangan Wajib, jadi semua yang memiliki kendaraan bermotor wajib untuk membayar dana ini. Dana ini bukan untuk menjamin diri kita sendiri namun akan digunakan atas apa yang mungkin terjadi atas kendaraan tersebut.

SWDKLLJ dibayarkan oleh jenis kendaraan bebeda-beda misalnya:

Untuk kendaraan roda Dua dan Roda Tiga dengan mesin 50 cc sampai 250 cc tarifnya Rp. 35.000.

Pick Up, mobil barang, Sedan, Jeep, dan mobil penumpang bukan umum dengan mesin dibawah 2400 cc tarifnya Rp.143.000.

Truck, Mobil Tangki, Mobil Gandengan, Truck Kkntainer dan sejenisnya dengan mesin diatas 2400 cc tarifnya Rp. 163.000.

Dana yang ditanggung Jasa Raharja adalah untuk korban dari sebuah kecelakaan baik oleh angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Baik yang mengalami luka-lukan maupun meninggal dunia. Bahkan bukan hanya pengemudi dan penumpang dalam kendaraan tersebut, namun jika ada pejalan kaki yang menjadi korban akibat kecelakaan tersebut juga akan ditanggung oleh Jasa Raharja.

Namun ada kondisi tertentu dimana dana tersebut tidak berlaku bagi pengemudi kendaraan tersebut misalnya berupaya bunuh diri, mengendarai dalam keadaan mabuk, sedang melakukan kejahatan, dan jika terjadi kecelakaan tunggal.

Besar santunan yang akan diberikan untuk korban meninggal dunia dan cacat tetap adalah sebesar Rp. 50 juta. Sementara korban yang dirawat di rumah sakit biayanya Rp 25 juta untuk kecelakaan di udara dan Rp. 20 juta untuk kecelakaan di darat dan Laut. Sementara untuk korban yang tidak ada ahliwaris akan ada biaya penguburan sebesar Rp. 4 juta dan ada biaya ambulance sebesar Rp. 500.000. Biaya P3K sebesar 1 Juta Rupiah.

Untuk mengkalim dana tersebut tidaklah sulit. Jika terjadi kecelakan silahkan melaporkan ke Kantor Polisi 1X 24 jam. Petugas akan datang ke lokasi dan melakukan pendataan. Namun jika anda ingin lebih cepat silakan anda menghubungi Call Centere 150020 dan
0812-10500500.


Reporter: Yanto JR


Komentar