Beranda Lintas NTT Tanggapi Keluhan Warga Tiga Desa BPJN X Dibantu Warga Target Lima Hari...

Tanggapi Keluhan Warga Tiga Desa BPJN X Dibantu Warga Target Lima Hari Kerja

201
0

ENDE, Flobamora-news.com – Kepala.Balai PJN X NTT Mocthar Napitupulu Target 5 Hari Kerja guna menyelesaikan pekerjaan yang ditinggalkan rekanan PT Agogo akibat dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Mendengar hal tersebut Warga Desa Detusoko Barat membantu Satker menyelesaikan perbaikan jalan yang  dikeluhan oleh warga di Tiga desa di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Permasalahan jalan Ende–Detusoko, Detusoko-Wologai, khususnya melintas di Desa Sipi Jena, Wolofeo dan Detusoko Barat yang seharusnya menjadi tanggung jawab kontraktor (pihak ke-3) namun atas panggilan nurani untuk menjawab rintihan hati warga di Tiga desa tersebut maka Kepala BPJN Wilayah X NTT, Mocthar Napitupulu pun mengambil langkah turun ke lokasi kerja.

Kehadirannya langsung terjun ke lokasi untuk memastikan kondisi riil dan sekaligus mendorong pihak satker PJN IV untuk segera menyelesaikan permasalahan yang dialami warga akibat dari kelalaian Kontraktor.

Kepada media ini saat ditemui di lokasi Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah X NTT mengatakan sebagaimana yang telah diberitakan beberap media bahwa Para Kades meminta kepada Satker PJN Wilayah 4 Flores melakukan beberapa pembenahan di ruas Jalan yang melintasi desa mereka masing-masing.

“Kades Wolofeo, Philipus Loba dan Kades Sipi Jena, Dominggus Sasi misalnya, meminta perbaikan di beberapa titik dalam wilayahnya. Senada dengan Kades Wolofeo, Kades Detusoko Barat Nando Watu, juga mengharapkan beberapa pembenahan di ruas jalan yang melintasi wilayah Detusoko Barat”

Setelah melihat langsung ternyata jalan yang dikeluhkan warga 3 desa dimaksud sepanjang 950 meter. Terdapat jalan berlubang, tumpukan batu kerikil dan pasir, juga selohkan/parit yang menghalangi aktivitas warga. Untuk menjawab keluhan warga Kepala BPJN Wialayah X menargetkan 5 hari kerja namun pantauan media ini baru hari ke-2, 600san meter sudah dikerjakan.

Sementara itu, Warga desa Wolofeo hadir saat Kabalai memeriksa jembatan/dekker yang menghubungkan Jalan Petani dengan Jalan Raya mengatakan, kami ngak nyangka bisa bertemu dengan Kepala BPJN X NTT.  Kepada awak media ini wargapu  menyampaikan ungkapan terima kasih yang mendalam atas kepedulian Kepala BPJN terhadap kebutuhan warga.

Jalan merupakan akses warga untuk geliat Perekonomian demi kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, dukungan dan arahan Mocthar Napitupulu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah X, menjadi motifasi dan meningkatnya etos kerja satker PJN IV Ende dan warga Desa Detusoko Barat yang turut bekerja memperbaiki jalan tersebut.

“Kolaborasi yang harmonis warga Detusoko Barat dan Satker menyertai cepatnya waktu penyelesaian pekerjaan jalan yang melintas tiga desa  yang berada di wilayah Kabupaten Ende”, ujar Kabalai sambil meminta 3 Kepala Desa untuk menyampaikan kebutuhan warga mana lagj yang mungkin bisa diatasi oleh pihak BPJN.

Terhadap permintaan Kabali, ke-3 Kepala Desa antusias menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan warga tentunya masih terkait proyek jalan. “Ijin Ka Balai ada tumpukkan tanah di lapangan bola yang sangat mengganggu pertandingan sepak bola yang akan digelar”, ujar Kepala Desa Sipi Jena

Tidak menunggu waktu lama saat itu juga Ka Balai perintahkan tim untuk segera mengerjakan sampai tuntas. Itulah fakta yang dihimpun media ini. Dibalik kesibukannya yang tinggi di belakang meja kerja, ia berkomitmen untuk memantau langsung setiap proses kegiatan. Hanya satu tujuannya yakni memastikan pelaksanakan pekerjaan dapat dilakukan dengan baik, dilakukan secara terukur dan pengujian kualitas dilaksanakan sesuai yang diisyaratkan dalam kontrak.

“Intinya, kita tetap mengutamakan mutu dan kualitas pekerjaan sesuai dalam kontrak. Kita tak mau main main dalam pekerjaan jalan yang menjadi tanggung jawab BPJN, ini menyangkut kelangsungan hidup masyarakat banyak,” kata Mokhtar.

Usianya bukan usia muda, namun semangat muda-nya berkobar- kobar jika bersentuhan dengan kepentingan warga. Ia mengharapkan, perbaikan jalan ini hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat, berimbas meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat yang sempat terhambat.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar