Beranda Hukum & Kriminal Telan Dana 1,5 Milyar, Pembangunan Bak Penampung Air di Desa Fat Tidak...

Telan Dana 1,5 Milyar, Pembangunan Bak Penampung Air di Desa Fat Tidak Berfungsi

1268
0

SOE, Flobamora-news.com – Panitia Khusus (Pansus) LKPj DPRD terus giat melakukan Kunjungan Kerja untuk mengetahui persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Kunjungan kali ini berlangsung di Desa Fat, Kec Nunkolo Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur pada, Sabtu (06/062020).

Dalam kunjungan tersebut  ditemukan pembangunan bak penampung air di Desa Fat yang sampai saat ini tidak berfungsi. Hal itu terjadi karena pipa penyalur air dari sumber mata air ke bak penampung, tidak berfungsi. Mirisnya, di desa tersebut sudah ada pekerjaan pipa, bak dan pengadaan besi dengan besaran dana 1,5 M. Persoalan ini mencuat ketika Tim Pansus LKPj meninjau dibeberapa titik di desa tersebut. Masyarakat benar-benar membutuhkan air minum, namun sayangnya belum bisa tercapai.

Menurut pengakuan salah satu warga, Yohanis Misa, bahwa masyarakat benar-benar membutuhkan air minum, namun sayangnya belum bisa tercapai.

“Selama ini saya ditugaskan untuk menjaga dan mengontrol bak air ini untuk bagikan air kepada masyrakat di desa Fat. Tapi bagaimana saya harus bagi air dari bak tampungan ini, sementara tidak ada air dalam bak tampungan. Pada saat selesai bak air ini diresmikan, masyarakat hanya dapat menikmati air selama satu minggu. Selanjutnya air ini tidak mengalir lagi karena baknya tidak terisi air lagi. Sampai saat ini masyarakat tidak menikmati air bersih dari bak tampungan yang dibuat oleh pemerintah”, kata Yohanis.

Kepala Desa Imanuel Missa kepada awak media mengatakan bahwa, pihak pemerintah sudah meresmikan pekerjaan tersebut. Selesai pembangunan pipa mereka kerjakan, lalu gunakan tenaga surya, dan herannya, masa fisik bangunan ada di desa fat, tapi peresmian di hoineno.

“Warga terakhir mengunakan air itu pada bulan oktober 2019. Dikarenakan Pipa dari sumber mata air yang masuk ke dalam bak dilepas sehingga tergantung dan tidak ada air , jelas Imanuel.

Informasi diperoleh media ini, sehari sebelum Kunjungan Tim Pansus DPRD TTS. Kadis PRKP ke lokasi untuk bertemu kades guna mengecek pemanfaatan air tersebut.


Reporter: Jor T


Komentar