Beranda Wisata Budaya Tenun Ikat Sepe, Ikonik Tenun Kota Kupang

Tenun Ikat Sepe, Ikonik Tenun Kota Kupang

293
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Motif Tenun sebagai hasil karya anak Bangsa Indonesia semakin dikagumi dan diminati hingga ke manca negara. Sebagai kekayaan budaya perlu dilestarikan dan dikembangkan.

Salah satu cara menambah dan memperkaya Motif Tenun dengan diadakan serangkain lomba kepada masyarakat dengan menghasilkan desain Motif Tenun Baru yang lebih mudah diterima.

Sepe Atau lebih dikenal dengan bunga flamboyan Atau dalam Bahasa Latin Delonix Regia merupahkan ikonik Kota Kupang di Setiap penghujung Tahun Kota Kupang diwarnai semarak warna oranye bunga pohon sepe.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kupang, dibawah kepemimpinan Ibu Hilda Riwu Kore-Manafe menginisiasi Lomba Desain Motif Tenun Ikat Bunga Sepe dengan kriteria berupa kualitas motif/kehalusan gambar (keunikan, artistik) skor penilaian 40%, komposisi warna 20%, kreatifitas 20%, keharmonisan Antara Judul, Sumber ide dan Motif 20%.

Ketua Panitia Lomba, Pdt Dina Takalapeta Meler, Sth Katakan Tujuan Lomba Desain Motif Tenun Ikat Bunga Sepe untuk menggali dan mengembangkan ide kreatif masyarakat dalam merancang Motif Tenun Ikat khas Kota Kupang dan memperkuat ikon Kota Kupang sebagai Kota Kasih Melalui Motif Bunga Pohon Sepe.

Lomba Desain Motif Tenun Ikat Bunga Pohon Sepe dimulai Sejak 1 April-15 Mei 2018 yang diikuti oleh 10 desainer dan dipublikasi di medsos, radio dan Surat ke Pusat Pendidikan dan Seni Kota Kupang menghasilkan pemenang Desain Motif Tenun Ikat Sepe diantaranya: Pemenang I Yan Suyantik, II Leader Ismail, III Innge J Nggili, IV Alvano Patty, V Herman Menno dan Pemenang VI Antonio Riberu.

Masing Masing Pemenang memperoleh piala dan Uang Pembinaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Kupang, dr Hermanus Man, Kamis/24 Mei 2018 di Ruang Garuda Kantor Walikota Kupang. (*/dure)

Komentar