Beranda Kesehatan Tim ETIKA Terus Berjuang Bantu Tenaga Kesehatan Lawan Covid 19 di Kota...

Tim ETIKA Terus Berjuang Bantu Tenaga Kesehatan Lawan Covid 19 di Kota Kupang

395
0

Foto: Bantuan Tim ETIKA Untuk RSUD Prof. W.Z. Yohanes Kupang

KUPANG, Flobamora-news.com – Alat Pelindung Diri (APD) sangat dibuthkan oleh Tenaga medis saat ini, dalam menangani pasien yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Melihat kondisi darurat ini Etnis Tionghoa Kota Kupang (ETIKA) melakukan aksi soaial dengan membagikan satu tower cuci tangan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. W.Z. Yohannes, Jumat ((27/3/2020).

Bantuan ini sebagai bagian dimana ETIKA hadir danpeduli terhadap tenaga medis yang saat ini tengah berjuang dalam.penanganan Virus Covid 19. Aksi sosial ini dengan thema: “Ayo Bersama Kita Lawan Covid 19”.

Aksi sosial ini dihadiri oleh Ketua Etnis Tionghoa Kota Kupang dr. Hendrick Jodjana, Ketua Tim ETIKA Bapak Theo Widodo, dr. Yusi T. Kusumawardhani Wakil Direktur Penunjang Pelayanan RSUD Prof. Dr. W. Z. Yohannes, Kepala Staf Kodim 1604/Kupang Letkol Inf. Sugeng Prihatin S.Sos.,M.Sc.,M.Tr.,Hanla serta anggota tim ETIKA yaitu David Kenenbudi, Edi Lau, dan Ibu Jeane Wijaya.

Menurut Ketua ETIKA dr. Hendrick Jodjana mengatakan bahwa ETIKA sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka membantu teman-teman kesehatan baik di Rumah Sakit dan Puskesmas dalam penanggulangan Covid-19. Kegiatan yang sudah kami lakukan adalah pendistribusian 2000 masker ke Rumah Sakit dan semua Puskesmas di Kota Kupang pada tanggal 24 Maret 2020 yang lalu. Pemberian tower cuci tangan sebanyak 30 buah di rumah sakit rujukan, yang dimulai dari RSUD Prof. Dr. W. Z. Yohannes kemudian akan diberikan ke RS. S.K. Lerik, RS. Bhayangkara, RST Wira Sakti, dan RS. Siloam Kupang, pintu masuk pasar-pasar tradisional, terminal, pelabuhan, Polda, Polresta, Korem, Kodim dan kantor Walikota ( Pol PP). Kami juga sedang berusaha dalam proses pengadaan pakaian bagi dokter dan perawat, masker, google dan hand sanitizer.

“Kalau bisa, paling tidak kita berusaha juga untuk membantu mereka yang merupakan garda paling depan”, ungkap dr. Hendrick.

Ketua Tim ETIKA Theodorus Widodo menjelaskan bahwa kebutuhan akan masker sudah terpenuhi, walaupun sedikit tetapi sangat berguna dan memiliki nilai dan arti bagi semua dan kiranya rencana ini akan segera direalisir.

“Semua bantuan tadi sudah siap dan akan dieksekusi ke setiap Rumah Sakit dan Puskesmas”; jelas Theodorus

Sementara itu pihak RSUD mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan yang luar biasa dari perkumpulan/paguyuban Etnis Tionghoa Kota Kupang,

Pemberian tower cuci tangan dan seperangkat sabun serta tisu adalah bantuan yang sangat luar biasa dalam tindakan pencegahan Covid-19. Tower ini akan tetap digunakan dan tetap ditempatkan pada pintu keluar masuk pengunjung, sehingga mereka selalu mencuci tangan”, tutup dr. Yusi


Reporter: Robert


Komentar