Beranda Kesehatan Tim ETIKA Terus Berjuang Berikan Donasi bagi Tim Medis Tanpa Kenal...

Tim ETIKA Terus Berjuang Berikan Donasi bagi Tim Medis Tanpa Kenal Lelah

270
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Guna memutuskan mata rantai penyebaran Virus Covif 19 Tim ETIKA (Etnis Tionghoa Kupang) kembali memberikan donasi menara cuci tangan (MCT) bagi sejumlah puskesmas yang berada di wilayah Kota Kupang. Pemberian MCT oleh ETIKA hari ini dimulai dari Puskesmas Sikumana dan dilanjutkan ke Puskesmas Pasir Panjang pada, Sabtu (4/4/2020).

Menara cuci tangan ini sudah didonasikan ke semua rumah sakit, Polres, Kodim dan akan diberikan lagi bagi puskesmas-puskesmas, kantor Wali Kota ( Sat. Pol PP) dan pintu masuk pada pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Kupang.

Salah satu Tim ETIKA, dr. Kristian Widodo menjelaskan, bahwa melalui aksi ini, ETIKA ingin menyampaikan pesan untuk kita semua agar bisa bergerak cepat dan tanpa kenal lelah dalam memberikan bantuan bagi tenaga medis serta bisa mengikuti kebijakan ataupun saran dari pemerintah terkait sosial distancing, physical distancing, berolahraga yang cukup, mengkonsumsi vitamin C, serta dapat menggunakan masker saat bepergian.

ETIKA ini terbentuk secara spontanitas dan merupakan ide dari dr. Hendrick Jodjana yang saat ini menjabat sebagai ketua dari ETIKA, ungkap David Kenenbudi.
David menghimbau bagi semua komponen masyarakat khususnya etnis Tionghoa yang berada di Kota Kupang, agar dapat bersama-sama mengikuti aksi ini.

“Bagi yang bisa memberikan bantuan berupa tenaga, silahkan bergabung bersama kami, sedangkan yang tidak bisa, dapat memberikan bantuan berupa donasi yang masih dibuka sampai saat ini, ” pungkas David.

dr. Hendrik Jodjana menambahkan, bahwa ETIKA juga akan memberikan baju, masker, kacamata google, sarung tangan bagi tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan ditargetkan akan dibagi minggu depan.

Sementara itu Kepala Puskesmas Sikumana dr. Maria Veronika Ivonny Dondao Ray, M.Kes. berterima kasih kepada Tim ETIKA yang mendukung pelayanan Puskesmas Sikumana dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Pemberian menara cuci tangan ini, sudah merupakan standar kesehatan dalam upaya penanganan berbagai masalah kesehatan bukan saja pada Covid-19.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Puskesmas Pasir Panjang dr. Evina Korebima mengatakan bahwa bantuan seperti ini yang sangat dibutuhkan, karena hal utama yang harus masyarakat lakukan adalah mencuci tangan. Dengan bantuan ini, pasien di Puskesmas Pasir Panjang sudah terbiasa untuk mencuci tangan sebelum memasuki area puskesmas dan sebelum kembali ke rumah, agar tidak membawa kuman bagi keluarga mereka sendiri.


Reporter: TEAM


Komentar