Beranda Lintas NTT Tingkatkan Budaya Literasi SMPN Satu Atap Penmina Gandeng MPC-NTT

Tingkatkan Budaya Literasi SMPN Satu Atap Penmina Gandeng MPC-NTT

795
0

TTS, Flobamora-news.com – Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru, SMP Negeri 1 Atap Penmina, Desa Noenbila Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur gandeng Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT Guna memberikan materi terkait dengan jurnalistik dasar dengan tujuan untuk meningkatkan budaya literasi bagi peserta didik.

Kegiatan ini melibatkan semua siswa siswi kelas VII-IX dan berlangsung di ruang aula sekolah. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekokah Janse Saudale S.Pd, Rabu (17/7/2019)

Menurut Janse diharapkan lewat kegiatan ini siswa dapat memahami dan mengerti cara penulisan yang baik. Terutama dalam penggunaan titik, koma, seru dan tanda tanya dalam penulisan serta yang paling penting adalah penggunasn kata “di” didalam kalimat.

Lebih lanjut Janse, mengisahkan sebelumnya pihak sekolah bekerjasama dengan guru telah menyediakan buku bacaan disetiap ruang kelas. Hal ini terkait dengan upaya meningkatkan budaya literasi di sekolah. Selain itu juga hiasan pohon cita-cita dan pohon pengharapan.

“Pohon cita-cita tujuannya semua peserta didik yang ada dikelas menuliskan nama dan cita-cita kedepannya pada sebuah kertas dan digantung pada pohon hiasan tersebut. Sedangkan pohon pengharapan itu ada tulisan doa dan kata motivasi terkait dengan cita-cita dari siswa itu sendiri dan menggantungkan pada pohon hiasan tersebut. Tujuannya agar para peserta didik juga memilki cita-cita serta harapan kedepan, dan meraih masa depan yang gemilang. Ini berlaku setiap penerimaan siswa baru setiap tahun tanpa kecuali”, jelas Janse

“Di sekolah kami ada Dua peserta didik tidak naik kelas karena terlalu banyak absen sehingga tidak diperbolehkan untuk naik kelas. kalau dipaksakan untuk naik kelas maka itu akan menjadi virus bagi teman-teman yang lain dan pada akhirnya akan banyak yang tidak mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan baik”, kata Janse.

Kami berharap agar para siswa lebih giat membaca karena dengan membaca kita dapat mengetahui banyak hal.  Diantaranya memahami kosa kata baru yang mereka temui dalam membaca buku.

Sementara itu Tim Media Pendidikan Cakrawala NTT, Lenzho Asbanu yang membawa materi nemberikan pujian kepada siswa SMP Negeri Satu Atap Penmina yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Siswa diberikan pelatihan cara menulis, cara menggunakan tanda baca serta kata “di” didalam kalimat. Usai memberikan materi juga diberikan tugas kepada para siswa untuk menuliskan berita terkait dengan kegiatan MPLS yang dilaksanakan disekolahnya dan siswa dapat membuat berita dengan baik”, ujar Wartawan Cakrawala NTT Wilayah Kab.TTS”,


Reporter: Ricky Anyan


Komentar