Uksam Selan: Desa Fatumnasi Layak Dimekarkan, Segera Berkoordinasi Dengan Dinas PMD


  • Bagikan

SOE, Flobamora-news.com – Camat yang juga Pejabat sementara (Pjs) Desa, Chris Manu, S.H bersama Ayub Fobia, Yunus Anin, Martinus Bai yang mewakili warga Desa Fatumnasi, Kecamatan Fatumnasi, mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) guna bertemu langsung dengan Komisi I. Pasalnya pertemuan tersebut guna membahas pemekaran Desa Punuf dari desa induk Fatumnasi. Hal tersebut berlangsung di Gedung DPRD Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur pada, Jumat (1/10/2021).

Rombongan di terima oleh Ketua Komisi, Dr.Uksam Selan,S.Pi,MA,M.Pd dan Sekretaris, Lusianus Tusalak berserta beberapa anggota. Hadir pula Ketua Komisi II, Imanuel Ollin dan anggota Komisi III, Uria Kore.

Swipe up untuk membaca artikel

Camat Chris Manu dalam penyampaiannya mengatakan bahwa, Desa Punuf yang pemekaran dari desa Fatumnasi sudah diusulkan dari tahun 2014, namun sampai dengan sekarang belum dimekarkan.

“Yang jadi pertanyaan buat kami bahwa sudah kami usulkan agar Dudun IV Punuf layak untuk dimekarkan, namun ketika kami melihat ada 34 desa yang akan dimekarkan, 18 desa yang katanya sudah lengkap datanya namun nama Dusun Punuf sama sekali tidak ada. Padahal memiliki 216 kepala keluarga, dengan jumlah jiwa, 806 orang serta jaraknya 7 kilo meter dari desa induk”, jelas Chris.

Baca Juga :   Diduga Mantan Kepala Desa di Belu Berhasil Tipu Masyarakat Ratusan Juta Rupiah

Sementara itu Ketua Komisi I Uksam Selan mengatakan bahwa, dari 34 desa yang sudah diusulkan untuk pemekaran baru 18 desa yang memenuhi syarat, sedangkan 16 desa belum melengkapi persyaratannya. Kami sudah mendesak untuk melengkapi dukumen-dukumen yang masih kurang. Dalam waktu dekat, kami dari komisi I bersama Dinas PMD akan mengantarkan ke Komisi I DPRD Provinsi.

“Desa Fatumnasi sudah layak untuk dimekarkan. Bapak camat bersama para orang tua segera berkoordinasi dinas PMD dan memasukan proposalnya beserta persyaratan pemekaran desa. Sehingga dari 34 desa di tambah satu desa lagi yaitu Desa Punuf menjadi 35 desa yang siap dimrkarkan”, kata Uksam.

Hal yang sama juga yang di minta oleh Sekretaris Komisi I Lusianus Tusalak, bahwa segera melengkapi persyaratan pemekaran desa karena sudah mau ditutup,

  • Bagikan