Beranda Lintas NTT Ardi Benu: Masalah Tuntas, Tapi Jangan Lantik Sekdes di Atas Sekdes Ini...

Ardi Benu: Masalah Tuntas, Tapi Jangan Lantik Sekdes di Atas Sekdes Ini Bahaya

1504
0

SOE, Flobamora-news.com – Sampai dengan saat ini, ada 109 dari 266 desa  telah mengadu ke komisi I DPRD Timor Tengah Selatan terkait dengan persoalan pengumuman hasil seleksi perangkat desa. Pasalnya ada pengaduan masyarakat dari Empat desa antara lain Desa Anin, Desa Netutnanan, Desa Fae, dan Desa Kako’i, Kecamatan Amanatun Selatan mengenai seleksi perangkat desa. Untuk itu Ketua Komisi I dan sekertaris komisi I bersama anggota komisi I DPRD TTS melakukan klarifikasi bersama dengan kepala desa dan Camat serta Panitia Seleksi Perangkat desa ditingkat  desa dan kecamatan. Perremuan tersebut berlangsung di Aula kantor Kecamatan Amanatun selatan pada, Jumat (7/8/2020)

Dalam pertemuan klarifikasi, hadir pula Asisten II bersama staf bagian hukum Kbupaten TTS, Kapolsek Amantan Selatan, dan Danramil Amantun Selatan.

Menurut Yohanes Lakapu bahwa Klarifikasi dipandu langsung oleh dirinya karena Bapak Bupati telah membentuk tiga tim,. Masing-masing tim dipimpin oleh Asisten, untuk melakukan identifikasi menyakut dengan persoalan-persoalan yang terjadi di desa. Dalam hal ini menyangkut dengan seleksi pengangkatan perangkat desa. Setelah tiga tim melakukan identifikasi maka, hasilnya akan diserahkan kepada bupati TTS, Egusem P.Tahun untuk memutuskan serta menindak lanjuti persoalan yang terjadi menyangkut seleksi perangkat desa.

“Hasil pengumuman seleksi perangkat desa belum final, karena masih ada tahapan yang akan dilaksanakan. oleh karena itu saya berharap agar semuanya berjalan sesuai mekanismenya, dan tidak boleh keluar dari aturan yang berlaku”, kata Lakapu.

Dalam klarifikasi, Camat Amanatun Selatan Ardi Benu mengatakan, kecamatan Amanatun selatan memiliki 13 desa, dan tesnya tidak bersamaan.  Ruangan tesnya juga menggunakan tiga tempat di kantor kecamatan amantun selatan. Ardi juga mengakui bahwa memang diantara Empat desa tersebut ada kesalahan, namun saya sebagai camat sudah meminta maaf kepada yang bersangkutan serta sudah menjelaskan mekanismenya sehingga sudah ada penyelesaian. Pinta Ardi kepada Asisten II agar semua sekertaris desa ditarik kembali agar jangan melantik sekdes di atas sekdes. jelas Ardi

Ketua komisi I DPRD TTS, Uksam Selan mengatakan bahwa, jika persoalan pengumuman seleksi perangkat desa di mpat desa yang ada kecamatan Amanatun Selatan kabupaten TTS, sudah di selesaikan maka silahkan melakukan proses pelantikan, sedangkan jika persoalannya belum di selesaikan maka sebaiknya ditunda pelantikannya dan sesegera mungkin untuk di selesaikan.

“Tolong jangan membuat persoalan menjadi panjang, dan jika ada yang mengadu pada Bupati, DPRD, dan media, sebaiknya bapak ibu desa tidak perlu membenci dan memusuhi yang mengadu. Karena orang yang tidak mau terima kritikan maka orang tersebut tidak mau berubah, tetapi jika orang yang selalu menerima kritikan adalah orang yang ingin berubah”, jelas Uksam.

“Empat desa yang bermasalah di Kecamatan Amanatun Selatan hampir selesai prosesnya. Semoga 13 desa lainnya dapat melakukan pelantikan di bawah tanggal 14/08/2020, sehingga tidak berpengaruh padaanggaran pembiayaan perangkat desa yang lama”, tutup Uksam.

 

 


Reporter: Yor.T


Komentar