Beranda Hukum & Kriminal Untuk Ketiga Kalinya Warga Desa kole Dimintai Keterangan Oleh Polres Manggarai

Untuk Ketiga Kalinya Warga Desa kole Dimintai Keterangan Oleh Polres Manggarai

273
0

Foto: Dr. Laurentius Ni Kuasa Hukum  Masyarakat Desa Kole

RUTENG, Flobamora-news.com -Beberapa warga Desa Kole dimintai keterangan oleh Polres manggarai untuk ketiga kalinya sebagai korban dugaan pungutan liar (pungli) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil )Kabupaten Manggarai.

Dr. Laurentius Ni, sebagai Kuasa Hukum Masyarakat Desa Kole di Polres Manggarai mengatakan, berdasarkan Surat Panggilan Kepolisian Republik Indonesia Resor Manggarai dengan Nomor: B/473/VII/Res.3/2020, perihal undangan permintaan keterangan yang ditujukan kepada Kuasa Hukum Masyarakat Desa Kole, Dr. Laurentius Ni, S.H., M.H.

“Sebanyak 29 orang warga Desa Kole yang akan dimintai keterangan dan akan dibagi dalam 3 hari mulai tanggal 7 s/d 9 juli 2020,” tuturnya.

Dr. Laurentinus Ni, juga mengatakan, Proses penyelidikan yang suda dilakukan berjalan dengan lancar,dan Pertanyaan yang disampaikan oleh penyidik berkisar pada pelaksanaan mengurus administratif kependudukan yang dilaksanakan di Desa Kole.

Ia menegaskan, setelah penyelidikan terhadap masyarakat desa Kole, akan dimintai juga keterangan dari pihak catatan sipil. Setelah semuanya sudah diperiksa atau memberi keterangan pihak pelapor atau terlapor untuk memberikan pendapat hukum mengenai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 yang masing-masing menafsirkanya yang berdampak pada perbuatan melawan hukum, selaku Kuasa Hukum Pelapor sudah siap untuk membuat pendapat hukum sesuai dengan kaidah hukum yang ada.

Sementara itu Rinoldus Padur selaku koordinator warga desa Kole berharap pemeriksaan terhadap masyarakat Desa Kole segera selesai dan kemudian keterangan itu dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk ditindak lanjuti.

Salah satu warga Dsa Kole”Alosius Monto.usai memberikan keterangan, ia meminta kepada para penegak hukum agar dapat menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi sesuai dengan hukum yg berlaku, Sebagai masyarakat dirinya juga merasa puas akan kepastian hukum dalam mengurus administrasi kependudukan.


Reporter: Dion Damba


Komentar