VBL: Kepala Desa, Camat, Bupati dan Gubernur Jangan Duduk Saja Tetapi Harus Turun Terlibat Langsung Dengan Masyrakat


  • Bagikan

KUPQNG, Flobamora-news.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan ke Besi Pae Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Pasalnya selain TTS Beliau juga mengujungi ke Kelurahan Naikliu Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang pada Sabtu (6/11/2021).

Dalam pertemuan bersama masyarakat Gubernur mengajak dan mendorong masyarakat untuk terus mengembangkan potensi di desa.

Swipe up untuk membaca artikel

“Masyarakat yang ada di desa harus bisa kembangkan semua potensi. Baik itu dari sektor pertanian, perikanan dan juga peternakan. Jangan merasa kalah dengan masyarakat di kota, karena seluruh aspek penunjang kehidupan itu datang dari desa. Misalnya beras, daging, ikan, sayur, buah dan lain-lain. Harus bisa kelola dengan baik seluruh potensi yang ada di desa untuk mampu menumbuhkan ekonomi kita,” kata Gubernur.

“di Amfoang ini terkenal dengan produk madu. Tadi sudah saya lihat produk UMKM Madu Amfoang. Nah, ini saya minta untuk dikembangkan lagi sehingga pada bulan Desember nanti ada launching aplikasi oleh Bank NTT yang mengintegrasikan produk UMKM, Dunia Usaha dan juga Pemerintah. Jadi seluruh produk masyarakat terkoneksi dengan baik dan bisa dijual lewat aplikasi itu. Jadi kita bisa jual madunya untuk dikenal di seluruh dunia,” jelas Gubernur.

Baca Juga :   Pemkab Belu dan Pemkot Kupang Lakukan MoU Terkait Pengawasan Meterologi Legal

“Amfoang ini juga kita kenal sebagai gudang ternak. Kita harus kelola peternakan sapi kita. Kita harus latih masyarakat untuk kelola sapi dengan daging premium seperti sapi wagyu. Bila sudah berjalan lancar maka amfoang akan turut membantu memenuhi kebutuhan daging premium nasional,” tandasnya.

“Memang kita masih punya banyak tantangan. Oleh sebab itu harus kerja sungguh-sungguh mulai dari tingkat atas hingga bawah. Kepala Desa, Camat, Bupati, hingga Gubernur harus sering turun dan terlibat langsung bersama masyarakat. Jangan hanya duduk di kantor dan tidak pernah turun mengontrol dan mengecek program kerja di lapangan,” tegasnya.

“Harus kita dorong semua sektor. Pertanian disini ada lahan banyak harus kita kelola. Kepala Dinas Pertanian dan juga Bank NTT harus terus koordinasi agar jangan sampai masyarakat kekurangan pasokan pupuk dan menimbulkan kelangkaan. Anggarkan dengan baik dan distribusikan dengan benar dan tepat,” pinta Gubernur.

  • Bagikan