Beranda Lintas NTT Wabup Belu Unggulkan Persemal Malaka Dalam Ajang ETMC 2019

Wabup Belu Unggulkan Persemal Malaka Dalam Ajang ETMC 2019

1785
0
Wabup Belu, J.T. Ose Luan

BELU, Flobamora-news.com –(ETMC) 2019 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Malaka pada tanggal 5 Juli 2019 mendatang, Wakil Bupati Belu, J.T. Ose Luan mengunggulkan Kabupaten Malaka juara ETMC 2019. Menurutnya, Kabupaten bungsu di NTT itu memiliki banyak sekali pemain dengan bakat alami yang luar biasa.

Sebelum memuji Kabupaten Malaka, Ose Luan Menjelaskan bahwa Kabupaten Belu merupakan salah satu Kabupaten yang tidak pernah alpa dalam sejarah perhelatan sepak bola akbar di Provinsi NTT tersebut mulai dari El Tari Cup hingga berganti nama menjadi El Tari Memorial Cup.

“Untuk sepak bola, kita tidak pernah alpa dalam pertandingan tingkat provinsi NTT, dari El Tari Cup hingga berubah nama menjadi El Tari Memorial Cup,” jelas Ose Luan kepada awak media usai memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kantor Bupati Belu, Senin (1/7/2019).

Akan tetapi, Kabupaten Belu sendiri belum pernah keluar sebagai juara I. Kabupaten Belu hanya pernah keluar sebagai Runner Up. Melihat sejarah ini, maka Akan Belu telah melakukan seleksi pemain dan latihan serius dalam mempersiapkan diri jelang ETMC 2019 ini.

“Saya kira atlet sepak bola sudah dipersiapkan secara baik oleh Askab Belu. Dan kita tetap memberi dukungan positif untuk mereka untuk membawa nama baik Belu,” ucapnya.

Bicara target, Wabup Belu tetap optimis untuk Persab Belu keluar sebagai juara dalam ETMC 2019. Namun, dirinya tidak memaksakan Belu harus menjadi juara.

“Target dari Kabupaten Belu harus keluar sebagai juara, karena setiap orang harus mempunyai target untuk juara. Bila tidak juara itu adalah bagian dari sebuah pertandingan,” ujarnya.

Pada ETMC 2019, Kabupaten Belu adalah satu-satunya kabupaten yang mengutus dua Tim ikut dalam ajang tersebut. Kedua Tim tersebut adalah Persab Belu dan Bintang Timur Fc.

Untuk diketahui, Bintang Timur Fc merupakan sebuah club sepak bola yang baru mendapat lisensi dari PSSI pada akhir 2018 lalu dan merupakan satu-satunya Club yang berlisensi PSSI di NTT. Karena itu, ini merupakan ajang pertama ETMC yang diikuti club tersebut.

Persemal Malaka

Kendati Ose Luan menargetkan Persab Belu keluar sebagai juara pada ajang ETMC 2019, akan tetapi, Wabup Belu ini mengidolakan Persemal Malaka. Hal ini bukan tak beralasan. Menurutnya, sebelum Malaka memekarkan diri dari Kabupaten Belu, banyak pemain Persab Belu yang berasal dari Malaka. Hal itu dikarenakan banyak orang Malaka yang memiliki bakat alami dalam dunia sepak bola. Mereka bahkan bisa menjadi pemain besar karena bakat yang mereka miliki. Buktinya, pada ajang ETMC 2017 di Ende, Kabupaten Malaka yang baru pertama kali mengikuti ajang tersebut berhasil lolos sampai perempat final.

“Dahulu, kebanyakan pemain Persab Belu berasal dari Malaka. Mereka memang punya potensi alami yang ada pada orang Malaka untuk menjadi pemain bola yang bagus. Buktinya, mereka berhasil masuk perempat final, walau itu merupakan ajang pertama mereka,” puji Ose Luan.

Pujiannya itu tak lantas membuat para pemain Persemal Malaka harus pukul dada. Menurut Ose Luan, kunci kemenangan sebuah tim ada pada banyak faktor, mulai dari perekrutan pemain, fasilitas, persiapan, strategi, hingga faktor keberuntungan.

Ditanya soal adu kekuatan Tim Belu dan Malaka, Wabup Ose Luan menegaskan bahwa Belu Dan Malaka adalah Kakak Beradik yang keluar dari satu kandungan. Karena itu, kalah-menang antara keduanya, adalah hal yang lumrah.

“Kita (Persab Belu, red) tidak boleh kalah dari kita punya adik (Persemal Malaka, red), tapi kalau adik berhasil kalahkan kakaknya pun tak masalah,” ujarnya sembari tertawa. (Richi Anyan)

Komentar