Beranda Kesehatan Warga Penggali Lubang di TPU Oebaki Dapat Bantuan APD dari Anggota DPRD...

Warga Penggali Lubang di TPU Oebaki Dapat Bantuan APD dari Anggota DPRD TTS Yudy Selan

455
0

SOE, Flobamora-news.com , Anggota DPRD  dari fraksi Demokrat, Yudi Arifus Selan merasa terpanggil dan prihatin terhadap para pekerja penggali lubang di tempat pemakaman umum (TPU). Hal tersebut dilakukan karena meningkatnya kasus Covid-19, yang mengharuskan jenazah propable maupun terpapar Covid-19 dikuburkan di tempat tersebut di Desa Oebaki Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Keprihatinan muncul setelah melihat foto yang beredar di media sosial yang mana warga ikut menguburkan jenazah hanya bermodalkan masker dan sarung tangan seadanya. Politisi Demokrat ini langsung bergerak cepat dengan membantu APD yang diantar kepada warga dilokasi TPU pada, (Jumat 22/1/2021).

APD yang diberikan berupa Sprayer, Viber 550 liter,air,sabun , mantel ,Sepatu lumpur, disinfektan untuk warga yang tergabung dalam empat kelompok tersebut. Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut bisa mengurangi penyebaran virus covid 19.

“Mungkin tidak seberapa namun semoga bisa antisipasi agar keluarga aman. Saya datang karna kemanusiaan”, ujarnya.

Pace Abanat dan Arnol Taloen kepada wartawan memgucapkan rasa syukurnya karena ada perhatian.
Sebelumnya tidak ada air di lokasi sehingga usai menggali lubang kubur, warga harus mencari kali baru bisa pulang rumah untuk mandi. Namun dengan adanya bantuan tersebut, setidaknya bisa mengurangi beban warga.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini sehingga pulang tidak bawa beban apa-apa”,ujar Pace yang diamini Arnol.

Warga lainya, Juan Nubatonis mengatakan awalnya warga hanya diminta bantuan untuk menggali lubang jenasah dengan bayaran Satu juta rupiah untuk.Satu lubang. Warga tidak terlalu berpikir tentang resiko karena memang tidak ada semacam sosialisasi dari pemerintah.

Semntara itu Kepala Desa Oebaki, Lodofikus Fallo pada kesempatan itu mengatakan atas nama pemerintah desa mengucapkan terimakasih atas kepedulian anggota DPRD TTS Yudi Arifus Selan.

Ia mengatakan awalnya tidak memikirkan tentang keselamatan namun dengan adanya bantuan APD bisa menyadarkan mereka karna itu kedepan harus jadi perhatian Pemdes maupun Pemkab.

HUBUNGI HELDA NO HP: 0812-4634-2989

“Kami berterima kasih dan tentu ini jadi perhatian akan keselamatan warga,dan tentu bantuan Viber nanti liat air untuk cuci tangan”,ujarnya.

Untuk diketahui beredar foto di media sosial yang mana warga desa Oebaki membantu penguburan jenazah hanya bermodalkan masker dan sarung tangan sehingga hal ini sempat menjadi polemik.

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTS, Jusuf Alle saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Kamis (21/1/2021) tak menampik adanya kelompok masyarakat tersebut.
Dikatakan Jusuf, masyarakat sudah bekerja sama dengan tim gugus tugas guna membantu proses pemakaman.

” Betul,kita ada kerja sama dengan masyarakat di Desa Oebaki untuk pemberdayaan ekonomi mereka.
Untuk satu lubang kubur (gali dan tutup) kita hargai mereka dengan nilai Satu juta rupiah”, ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, rumah sakit (RSUD Soe-red.) sudah sediakan masker dan sarung tangan untuk mereka yang bantu proses penguburan.

Terkait proses penggalian lubang kubur yang tidak menggunakan beku, pihaknya sengaja menggunakan jasa masyarakat sekitar karna pertimbangan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

” Beku kita ada dan saat ini dalam kondisi baik dan bisa saja beku kita siagakan di TPU  untuk gali lubang kubur, namun kita punya pertimbangan pemberdayaan masyarakat,” tutupya.


Reporter:  YOR T/Team


Komentar