Beranda Ekonomi Bisnis Yupik Boimau: Kesejahteraan Penyuluh Pertanian Harus Diperhatikan Pemerintah

Yupik Boimau: Kesejahteraan Penyuluh Pertanian Harus Diperhatikan Pemerintah

352
0

Foto:  Anggota Komisi IV DPRD TTS Yupik.S. F. Boimau S. Pd

SOE, Flobamora-news.com – Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan menggelar panen perdana  jagung yang merupakan program Tanam Jagung Panen Sapi yang dicetus oleh Pemerintah Provinsi. Selain itu juga diadakan acara peresmian program/kegiatan dana kelurahan dan dana desa tahun anggaran 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Gereja Embun Hermon Bu’at di Kelurahan Karang Sirih Kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur pada, Selasa (1/12/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota DPRD TTS, para Kepala Dinas, dan masyarakat 11 kelurahan serta Dua desa sekecanatan Kota Soe.

Bupati Egusem P. Tahun S.T. M.M. saat.memberi sambutan menuai banyak pertanyaan dari 11 kelurahan dan dua desa se Kecamatan Kota Soe. Beberapa masyarakat dari RW.08 yang berada di Kelurahan Karang Sirih menanyakan status tanah yang sekarang mereka duduki. Karena tanah yang masyarakat Empat RT di dusun 08 duduki sekarang sebelumnya adalah tanah kehutanan yang sudah terjadi tukar menukar dengan pemda TTS.

“Sekarang tanah ini milik Pemda TTS, jadi bapak ibu yang berada di Empat RT di dusun 08 Kelurahan Karang Sirih Kecamatan Kota Soe, saya mau menginformasikan bahwa tanah ini bukan tanah kehutanan lagi. Oleh karena itu bapak ibu yang sudah membangun di dalam tanah pemda yang luasnya 244,74 hektar, saya harapkan agar tetap tenang. Lahan yang masih kosong itu yang akan pemda ambil alih untuk membangun fasilitas pemerintah.  Saat ini sertifikatnya dalam berproses”, Bupati TTS.

“Untuk Gereja Embun Hermon Bu’at, silahkan bangun parmanen. Jika dalam waktu dekat gereja mau dibangun, saya selaku Bupati akan berkenan hadir jika diundang untuk peletakan batu pertama”, ujar Bupati Egusem.

Acara dilanjutkan dengan panen perdana yang dipimpin langsung oleh Bupati Egusem P.Tahun di Dusun 08 Kelurahan Karang Sirih

“Saya berterima kasih kepada para penyuluh pertanian yang terlibat langsung dalam pendampingan penanaman jagung, sampai pada proses panen. Hasilnya sangat memuaskan. Ini baru pernah terjadi di TTS, kalau orang TTS panen jagung di bulan Desember”, kata Bupati.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPRD TTS Yupik.S. F. Boimau S. Pd mengatakan bahwa saya sebagai wakil rakyat melihat hasil panen TJPS hari ini sangat bagus.

Saya mewakili teman-teman DPRD mengapresiasi, dan tentunya petani, atau kelompok tani yang sukses tidak terlepas penyuluh atau pendamping yang selalu setia mendapingi para petani dari proses penanaman sampai dengan panen.

Lanjut Yupik, kalau petani difasilitasi hanya diberikan bantuan bibit tapi tidak didampingi oleh penyuluh pertanian, maka belum tentu hasilnya akan memuaskan seperti sekarang.

Srikandi dari partai hanura ini juga menghimbau kepada pemerintah agar terus mengembangkan program TJPS di srmua wilayah. Namun perlu diperhatikan bahwa, program harus pada lokasi yang ada air dan terlindung dari ternak. Jangan sampai lokasinya sudah memadai, tapi tidak terlindung dari ternak maka yang terjadi adalah tanam jagung, sapi yang panen”, ujar Yupik.

“Pemerintah memperhatikan PPL atau Penyuluh Pertanian yang selalu mendampingi petani dari proses penanaman sampai pada proses panen hasil yang di tanam. Karena kalau kesejahtrahan mereka tidak diperhatikan maka bisa berdampak pada hasil panen”, tutup Yupik.


Reporter: Yor T


Komentar