Beranda Ekonomi Bisnis IHK Kota Kupang Bulan September Alami Deflasi 0,53 Persen

IHK Kota Kupang Bulan September Alami Deflasi 0,53 Persen

46
0

KUPANG, Flobamora-news.com –Badan Pusat Satatistik Propinsi Nusa Tenggara Timur mencatat pada bulan September 2019 kota-kota di NTT mengalami defalsi sebesar 0,49 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 133, 94. Kota Kupang mengalami deflasi sebesar 0,53 persen sedangkan kota Maumere sebesar 0,24 persen.

Hal ini disampaikan oleh
Kepala BPS NTT Maritje Pattywaellapia, SE.M.Si, Selasa (1/10/2019).

Menurut Maritje, terjadinya deflasi karena adanya penurunan indeks harga pada Tiga kelompok pengeluaran. Dimana kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks harga terbesar adalah kelompok transpor yang turun sebesar 1,26 persen diikuti oleh kelompok bahan makanan sebesar 1,16 persen dan kelompok perumahan sebesar 0,09 persen.

“Sedangkan kelompok pendidikan, kesehatan, sandang dan makanan mengalami kenaikan indeks harga 0,22 persen, 0,19 persen, 0,17 persen, dan 0,06 persen”, kata Maritje.

Bulan September, dari 82 kota sampel IHK Nasional 12 kota mengalmi Inflasi sedangkan 70 kota mengalami Deflasi. Inflasi tertinggi di kota Meulaboh sebesar 0,91 persen dan terendah di Palopo dan Watampone sebesar 0,01 persen. Sedangkan Deflasi terbesar terjadi di Kota Sibolga sebesar 1,94 persen dan terendah di Kota Surabaya sebesar 0,02 persen.

“IHK merupakan salah satu indikator ekonomi yang sering digunakan ukur mebgukur tingkat perubahan harga (Inflasi/Defalsi) ditingkat konsumen khususnya di daerah perkotaan.
Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket komoditas yang dikonsumsi oleh rumah tangga. Di Indonesia tingkat inflasi diukur dari presentase perubahan IHK”, jelas Maritje.


Reporter: Robert


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here