Beranda Hukum & Kriminal Camat Parmaksian: Persoalan Limbah B3 Milik PT Toba Pulp Lestari Diharapkan Cepat...

Camat Parmaksian: Persoalan Limbah B3 Milik PT Toba Pulp Lestari Diharapkan Cepat Diselesaikan Dengan Masyrakat

228
0

TOBA, Flobamora-news.com – Landfel Limbah B3 milik PT Toba Pulp Lestari yang selama ini menjadi polemik hingga saat ini belum ada penyelesaian dengan masyarakat. Pasalnya surat yang pernah dilayangkan tahun 2018 ke Kementerian Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan LHK Provinsi  hingga saat ini tidak ada tanggapan tanggapan. Camat Parmaksian Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara Paiman Butar Butar saat dikonfirmasi awak media Flobamora-news.com melalui Hanphone pada, Senin (23/3/2020) sekitar pukul 10.00 pagi mengharapkan agar persoalan limbah ini dapat diselesaikan secepatnya.

Menurut Camat Paiman, saya meminta kejelasan kepada kementerian Gakkum LHK baik yang dipusat dan di daerah Provinsi Sumatera Utara agar jangan sampai terjadi keresahan masyarakat yang berulang – ulang.

“Justru kami atas nama Pemerintahan Kecamatan Parmaksian, Menyampaikan kepada pihak kementerian Gakkum LHK yang dipusat dan diprovinsi Sumatera untuk memberitahukan tentang hasil Surat laporan Pengaduan masyarakat pada tahun 2018, dan yang pernah mencek keberadaan tempat Limbah B3 tersebut yang diperkirakan jarak antara Lokasi Landfel atau Limbah B3 ini sekitar 30 – 50 Meter dengan pemukiman. Ini tentu sangat mengkwatirkan bagi masyarakat yang berada dilokasi dusun Lumban Manurung, desa Pangombusan, kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba’, jelas Camat.

“Maka dari itu Ia, juga meminta kepada kementerian Gakkum LHK yang dipusat dan diprovinsi Sumatera Utara supaya segeralah dibalas mengenai surat laporan warga tersebut, agar masyatakat dusun Lumban Manurung, Desa Pangombusan, Kecamatan Parmaksian biar tidak kwatir dengan Surat yang mereka laporkan kepada kementerian Gakkum LHK yang diprovinsi Sumatera dan dipusat Pada tahun 2018, ujar Paiman Butar – Butar

Masyarakat Dusun Lumban Manurungpun, yang berada didua desa dikecamatan Parmaksian yang berdekatan lokasi Landfel atau Limbah B3 tersebut, mengharapkan kepastian secara tertulis dari Kementeriaan Gakkum LHK baik yang dipusat dan diprovinsi Sumatera Utara, agar madyarakat ada pegangan. Bila Sewaktu Waktu ada terjadi Sesuatu hal mengenai Pencemaran lingkungan yang berada didaerah Landfel atau Limbah B3 milik PT.TPL, harus bertanggung Jawab Penuh tentang resiko terhadap keberdaan Landfel atau Limbah B3 milik perusaahan PT. TPL, Tbk tersebut.


Reporter: Octa


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here