Beranda Hukum & Kriminal Jasa Raharja Bayar Santunan Kecelakaan di Kelurahan Alak

Jasa Raharja Bayar Santunan Kecelakaan di Kelurahan Alak

225
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Kecelakaan maut di Jalan Yos Sudarso tepatnya dekat Gereja Khatolik Tenau Kelurahan Alak, Kecamatan Alak Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Kejadian ini menyebabkan Satu orang meninggal dunia dan Lima orang mengalami luka-luka. Adanya kejadian tersebut pihak Jasa Raharja berbelasungkawa dan memberikan santunan kepada Ahli waris. Selain itu Jasa Raharja memberikan surat jaminan bagi Lima korban luka-luka di Rumah Sakit Umum W. Z. Johanis, Minggu (22/9/2109)

Kronologis Kejadian

Laporan Polisi dari Polres Kupang Kota Korban bernama Set Dongi adalah pengemudi Mobil Suzuky Cary Pick UP DH 9910 AC, dari arah Bolok menuju Kupang tiba di tempat kejadian dari arah berlawanan datang kendaraan Nissan Terano Nopol B 1326 WUJ dengan kecepatan tinggi akibat tabrakan tidak dapat dihindarkan. Akibat tabrakan tersebut pengendara Pik up meninggal di tempat sedangkan 5 orang lainnya mengalami luka-luka.

Tindak Lanjut Jasa Raharja

Bagi Korban luka-luka
pada kesempatan pertama mengunjungi semua korban di RS WZ Johannes dan memberikan Jaminan biaya Perawatan. Semua korban tidak perlu membayar biaya perawatan di Rumah Sakit karena sudah oleh Jasa Raharja dengan menyerahkan surat jaminan kepada pihak Rumah Sakit.
Sedangkan bagi Korban Meninggal Dunia Pihak Jasa Raharja mengunjungi Rumah Duka di RT 21/RW 007, Kel. Oebobo, Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Bertemu dengan Keluarga dan Ahli Waris serta menyampaikan belasungkawa dan hak santunan yang dapat diterima oleh ahli waris sebesar Rp.50 Juta.

Dasar Ketentuan Santunan

Sementara itu Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Pahlevi B. Syarif Cabang NTT Pahlevi B. Syarif, mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diamanatkan oleh Undang – Undang untuk memberikan santunan kepada masyarakat korban Kecelakaan Sesuai Ketentuan UU No.33 dan 34 Tahun 1964.
Ketentuan Teknis tentang besar Santunan :
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.010/2017 dan Nomor 16/PMK.010/2017.

“Dana santunan yang diterima oleh korban yang mengalami kecelakaan bersumber dari pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan oleh masyarakat saat melakukan pembayaran pajak kendaraan di Kantor Samsat. Sehingga kami juga menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pembayaran SWDKLLJ di Samsat sebelum Jatuh tempo” Ungkap pahlevi.


Reporter: Robert


Komentar