Beranda Internasional Pemkab Belu Bentuk Gugus Tugas Covid-19

Pemkab Belu Bentuk Gugus Tugas Covid-19

31
0

Belu, Flobamora-news.com – Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste menggelar Rapat Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan didampingi Dandim 1605 Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho, Waka Polres Belu, Plh. Sekda Belu, Drs. Marsel Mau Meta di Gedung Wanita Betelalenok Atambua pada Kamis, (19/3/2020).

Wakil Bupati Belu, menjelaskan bahwa rapat pembentukan gugus tugas percepatan penanganan Covid -19 ini menindaklanjuti Instruksi Gubernur NTT Nomor 103/KEP/HK/2020.

Dijelaskan bahwa Gugus Tugas ini memiliki tugas yakni, Meningkatkan ketahanan daerah di bidang kesehatan; Melakukan percepatan penanganan Covid-19 melalui sinergi antar perangkat daerah, lembaga vertikal dan pemangku kepentingan lainnya, Meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebar Covid-19, Meningkatkan sinergi dalam pengambilan kebijakan operasional, Meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi dan merespon Covid-19.

“Gugus Tugas ini akan ada satu sekretariat khusus di Dinas Kesehatan, nanti Sekretariat ini akan dipimpin Sekretaris Dinas Kesehatan dan bertanggungjawab kepada Bupati Belu. Bupati Belu, Ketua DPRD dan Pimpinan Forkompimda Plus sebagai Pengarah. Ketua Gugus Tugas adalah Sekda Belu dan Sekretarisnya Kepala Dinas Kesehatan,” jelas Wabup Ose Luan.

Dandim 1605 Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho dalam rapat menyampaikan dari Gugus Tugas ini kita akan mendapat tugas tiap-tiap bagian dan tugas ini bukan tugas main-main karena pertaruhannya harga diri kita yang berada di wilayah perbatasan.

“Di sini yang perlu kita garis bawahi adalah pelaksanaannya harus betul-betul bertanggung jawab karena wilayah Belu sebagai wilayah perbatasan beda dengan wilayah lain dan perlu diketahui Timor Leste hari ini (Kamis, 19 Maret 2019,red) sudah menutup portalnya,” tegas Dandim 1605 Belu.

Lebih lanjut, Dandim Belu mengatakan bahwa bersama dengan Batalyon RK 744/SYB dan Satgas Pamtas akan selalu mendukung langkah Pemkab Belu dalam upaya menangani Covid-19.

Plh Administrator PLBN Motaain, Engelbertus Klau, S.STP

Pada kesempatan yang sama, Plh Administrator PLBN Motaain, Engelbertus Klau, S.STP menginformasikan terkait untuk penutupan PLBN bahwa hingga sore ini kami menerima surat dari Menteri Dalam Negeri yang menyampaikan bahwa aktivitas pelayanan di Pos Lintas Batas berjalan sebagaimana mestinya. “Jadi untuk PLBN Motaain kami tetap melakukan pelayanan,” terang mantan Kasubag Protokol Belu.

Diinformasikan juga, mulai hari ini (Kamis, 19 Maret 2020, red) Pemerintah Timor Leste telah membatasi Warga Negara Indonesia yang hendak ke Timor Leste. “Tadi kami pulangkan beberapa warga negara Indonesia yang mau ke Timor Leste. Sementara ekspor barang ke Timor Leste tetap berjalan dan Warga Negara Asing Timor Leste yang ke Indonesia tetap kita layani,” ujarnya.

Langkah yang diambil pihak PLBN Motaain sekarang ini dalam mencegah virus Corona adalah terus berkoordinasi dan mendukung upaya yang dilakukan oleh Karantina Kesehatan yakni memastikan setiap pelintas dari Timor Leste harus melewati pintu utama dan diperiksa dengan alat thermoscanner.


Reporter: Ricky Anyan


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here