Beranda Kesehatan Dibulan Januari 2020 RSUPP Betun Rawat Dua Pasien DBD

Dibulan Januari 2020 RSUPP Betun Rawat Dua Pasien DBD

65
0

dibulan januari 2020, rsupp betun, rawat dua pasien dbd

BETUN, Flobamora-news.com — DiBulan Januari tahun 2020 ini, Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan (RSUPP) Betun telah merawat dua pasien dengan diagnosa menderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Kesehatan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Malaka untuk waspada dan terus menjaga kebersihan lingkungan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik, yang dikonfirmasi media ini di Betun Sabtu pagi (24/01/2020)

Menurut drg. Paskalia, pihaknya tetap menghimbau warga untuk waspada dan menjaga kebersihan lingkungan walaupun baru terjadi dua kasus.

“Yang terdeteksi baru Dua kasus, tetapi kita tetap ingatkan warga untuk waspada, apalagi kita di Malaka sedang dalam pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, sehingga segala kemungkinan bisa terjadi”, kata Paskalia.

Selain himbauan agar waspada, Pemkab Malaka juga menghimbau kepada maayarajat agar masing-masing individu sadar untuk berperilaku hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Jaga kebersihan lingkungan, jangan biarkan sampah berhamburan terutama sampah yang punya potensi menampung air, jangan biarkan air tergenang hingga berhari-hari sehingga menjadi tempat berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk DBD. Kemudian, satu cara sederhana untuk mencegah hal ini adalah kebiasan tidur pakai kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk”, imbau Kadinkes.

Kadinkes juga menghimbau, jika ada anggota keluarga atau kenalan yang mengalami beberapa gejala, seperti demam tinggi hingga 40 derajat celcius, muka dan kulit memerah, nyeri seluruh tubuh, sakit kepala, mual dan muntah, infeksi tenggorokan dan sakit di sekitar bola mata, segera menghantarnya ke fasilitas kesehatan yang ada untuk mendapatan pertolongan medis yang tepat.


Reporter: Likurai/Sisca De Sousa


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here