Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pengobatan Sistem MVD Dilakukan Pertama Kali di RSUD W. Z Johanis Kupang

Avatar photo
IMG 20191224 WA0002

KUPANG, Flobamora-news.com –Microvascular Dekompresi (MVD) adalah prosedur pembedahan untuk meringankan gejala (nyeri, kejang otot) yang disebabkan oleh kompresi saraf oleh arteri atau vena. Pembedahan melibatkan pembukaan tengkorak (kraniotomi) dan mengekspos saraf di dasar batang otak untuk memasukkan spons kecil antara pembuluh darah dan saraf. Spons ini mengisolasi saraf dari efek denyut dan tekanan pembuluh darah.

Tindakan MVD biasanya dilakukan pada penyakit trigeminal neuralgia yaitu iritasi pada saraf kranial kelima yang menyebabkan nyeri hebat yang biasanya mengenai satu sisi wajah, biasanya di dahi, pipi, rahang, atau gigi. Untuk mengobati trigeminal neuralgia, spons ditempatkan di antara saraf trigeminal dan arteri serebelar osuperior atau cabang vena petrosal. Dengan menghilangkan kompresi, gejala yang menyakitkan dapat diatasi.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal ini disampaikan oleh dr Erick B Malelak di ruang kerjanya pada Senin (23/12/2019).

Baca Juga :  Tim Juri Lomba Kebersihan Senin Depan Melakukan Penilaian Kebersihan di Kota Kupang

Saat ini, tindakan MVD sudah dilakukan pertama kali di NTT, oleh tim ahli bedah saraf, dr. Donny Argie, SpBS dan dr. Elrick B. Malelak, SpBS, di RSUD W. Z Johannes Kupang pada tanggal 20/12/2019.