Beranda Kota Kupang Clementina R.N. Soengkono: Kita Harus Mempercepat Pengarusutamaan Gender

Clementina R.N. Soengkono: Kita Harus Mempercepat Pengarusutamaan Gender

253
0

Foto: Peserta Pelatihan pose bersma Nara sumber dan Kepala Dinas PPA Kota Kupang di Keluaran (dokumentasi Laurens Leba Tukan)

KUPANG, Flobamora-news.com – Dalam rangka mempercepat penerapan pengarusutamaan gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kupang gencar menggelar pelatihan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di setiap kelurahan. Belum lama ini, dinas yang dinahkodai Ir. Clementina R.N. Soengkono ini menggelar kegiatan itu di Kelurahan Nunhila Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kupang Ir. Clementina R.N. Soengkono mengatakan, Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) merupakan upaya untuk mempercepat penerapan pengarusutamaan gender. Tujuannya mengentaskan kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat antara laki-laki dan perempuan dalam pelaksanaan pembangunan yang selama ini masih ditemukan sebagai akibat dari konstruksi sosial budaya.

“PPRG bukan proses yang terpisah dari siaitim ynag sudah ada dan bukan pula penyusunan rencana dan anggaran khusus untuk perempuan yang terpisah dari laki-laki melainkan merupakan satu kerangka kerja atau alat analisis untuk mewujudkan keadilan dalam penerimaan manfaat pembangunan,” ujarnya.

Ketua panitia Desi Manubulu, S.Sos.,MM mengatakan tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan tentang perencanaan dan penganggaran yang responsif gender. “Ini juga untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam mengikuti proses perencanaan dan penganggaran di Kelurahan,” katanya.

Dijelaskan Desy, yang menjadi peserta dalam kegiatan dimaksud sebanyak 25 orang yang terdiri dari tokoh perempuan, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwkailan RW dan RT, Forum Anak, Kepala Sekolah, Karang Taruna, LPM dan aparat Kelurahan. Adapun Nara sumber yang dihadirkan yaitu konsultan gender
Veronika Ata, SH.,M.Hum bersma tim.

 


Reporter: Robert


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here