E-Arsip 2018 Akan diluncurkan di Kota Kupang

FlobamoraNews

KUPANG, Flobamora-news.com –Peluncuran (launching) E-Arsip menuju tahun 2018 untuk Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilakukan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, di Kupang. Tidak hanya itu, Gubernur NTT , juga akan menandatangani komitmen bersama pemerintah kabupaten/kota dimulainya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Peluncuran E-Arsip akan digelar dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi E-Arsip, di Hotel Swiss Belin Kristal Kupang, Selasa/15 Mei 2018.

Peluncuran (Launching E-Arsip) dilaksanakan sejalan dengan ditetapkannya provinsi NTT sebagai tuan rumah puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 47 tahun 2018.

Dipastikan hadir pada puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 47 di Kupang antara lain, Menteri PAN-RB, Asman Abnur, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan dan Kepala Perpustakaan Nasional, Muh. Syarif Bando. Juga diundang hadir, para Kepala Dinas (Kadis) Kearsipan provinsi se-Indonesia, Kadis Kearsipan kabupaten/kota se-Indonesia serta para pejabat eselon I dan eselon II lingkup ANRI

Kepala Dinas Kearsipan NTT, Drs. Lambertus Ibi Riti,MT, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa/8 Mei 2018, mengatakan selain peluncuran E-Arsip, Juga dilakukan penandatanganan sertifikat komitmen gerakan nasional sadar tertib arsip tingkat kabupaten kota se-NTT oleh Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore dan Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula.

“Jadi secara regional, seluruh perangkat daerah telah berada dalam koridor kerjasama dalam penataan, pengelolaan dan penyelamatan arsip. Dengan begitu, seluruh perangkat daerah secara pasti berada dalam satu sistem, baik sistem kearsipan dinamis maupun kearsipan statis,” ungkap Lamber Ibi Riti.

Selain itu, jelas Lambertus Ibi Riti, akan diserahkan aplikasi SIKD dan Citra Daerah dari Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, kepada Gubernur Lebu Raya. Dan penyerahan arsip statis berupa fofo Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dari masa ke masa oleh Kepala Biro Humas NTT, Semuel Pakereng, kepada Kadis Kearsipan NTT untuk disimpan dalam Depot Arsip. Disusul penyerahan foto Ketua dan Wakil-wakil Ketua DPRD NTT dari masa ke masa oleh Sekretaris DPRD, Thobias Ngongo Bulu.

Baca Juga :  Jasa Raharja Beri Bantuan Sebagai Bentuk Peduli Terhadap Lingkungan
Tulisan ini berasal dari redaksi