Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

SMSI Kota Kupang Resmi Dilantik

Reporter : TEAM SMSI Editor: Redaksi
IMG 20220818 WA0079

KUPANG, Flobamora-news.com – Penantian panjanga akhirnya Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Kupang resmi dikukuhkan. Pasalnya Sebanyak 27 orang pengurus periode 2022-2027 dilantik oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah SMSI NTT, di Aula Regal 4, Hotel Aston pada, Kamis (18/8/2022).

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, Dewan Penasehat DPW SMSI NTT, Pius Rengka, Dewan Penasehat DPD SMSI Kota Kupang, Ferdinand Leu, Ketua DPW SMSI NTT, Benediktus Jahang, Sekretaris DPW SMSI NTT Yosep Bataona dan Wakil Ketua SMSI NTT bidang organisasi, Yos K Diaz dan wakil ketua bidang humas Laurens Leba Tukan serta Ketua DPD SMSI Kabupaten Kupang, Makson Saubaki

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam pengukuhan itu, Direktur PT Mediatama Rakyat NTT (RakyatNTT.com), Semy R. H. Balukh dilantik sebagai Ketua DPD SMSI Kota Kupang bersama 26 anggota lainnya. Ketua DPW SMSI NTT, Benidiktus Jahang dalam arahannya menyampaikan SMSI merupakan salah satu organisasi konstituen Dewan Pers. SMSI saat ini sudah berusia 5 tahun. Khusus di NTT, baru 2 tahun SMSI membuka sayap. Saat ini sudah ada 191 media online yang tergabung di SMSI. “Secara nasional sudah ada 2.000 lebih perusahan media online yang bergabung,” ungkap Beni.

Baca Juga :  Angin kencang kembali melanda Kota Kupang

SMSI memiliki peran mewadahi media online lantaran di era digitalisasi saat ini, perkembangan media online cukup pesat. Beni mengatakan SMSI akan mendata media-media yang menjadi anggota untuk nanti mendapatkan legalitas atau verifikasi dari Dewan Pers.

Ia berharap Ketua dan pengurus SMSI Kota Kupang dapat memprioritaskan pendataan media guna verifikasi dari Dewan Pers. “Karena saat ini SMSI telah diminta oleh Dewan Pers untuk melakukan pendataan terhadap seluruh media online yang ada di Indonesia yang sudah menjadi anggota SMSI,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man menyampaikan kerja jurnalis tidak akan berubah walaupun saat ini penyajian berita sudah bertransformasi menggunakan jejaring internet.

Menurut Herman, para jurnalis yang dilantik sebagai pengurus ini sudah tidak asing lagi bagi dirinya. Ia mengakui karya jurnalistik memiliki peran dalam memotivasi dan sebagai pemberi rekomendasi bagi Pemkot untuk bekerja. Tak hanya itu, fungsi edukasi dari media pun telah terbukti bisa mendorong masyarakat untuk terlibat dalam pencegahan covid-19 serta ikut menyukseskan vaksinasi di Kota Kupang.

Baca Juga :  Dinas Ketahanan Pangan, Penggagas Festival BSL

“Yang pertama media mampu menyadarkan masyarakat dan memberikan edukasi. Sekali lagi proficiat yah,” ungkap Herman.

Usai dilantik, Ketua DPD SMSI Kota Kupang, Semy R. H. Balukh mengatakan dirinya akan menindaklanjuti permintaan Dewan Pers untuk mempersiapkan proses verifikasi media. Oleh karena itu, langkah pertama adalah melakukan pemetaan media-media yang telah lengkap administrasi dan legalitasnya. Untuk yang belum lengkap akan dibantu sesuai arahan DPW SMSI NTT.

Selanjutnya, SMSI Kota Kupang bakal melakukan gebrakan untuk meningkatkan kualitas karya jurnalistik para anggotanya. “Akan dilaksanakan pelatihan manajemen redaksi dan pelatihan IT untuk peningkatan SDM para wartawan dan melakukan diskusi-diskusi tentang isu terkini di Kota Kupang yang terkait dengan program-program pembangunan di berbagai sektor,” ucapnya.

Baca Juga :  Konsistensi Bank BJB Bersama SMSI Dalam Membangun Kemitraan

Selain itu, terkait dengan upaya menangkal informasi tidak benar (Hoax), SMSI Kota Kupang bakal membentuk komunitas “Millenial Cyber Media” mulai dari lingkungan sekolah, kampus dan bahkan pemuda lintas agama. Tujuannya untuk mengedukasi kaum millenial untuk menjadi garda terdepan dalam menangkal informasi hoax. “MCM ini akan diberi pelatihan menulis juga sehingga dapat meningkatkan kompetensi kaum milenial dalam hal menulis,” jelasnya.

Ia mengatakan, selain membentuk komunitas milenial, SMSI Kota Kupang bakal menggandeng sejumlah pihak terkait seperti instansi pemerintahan, BUMN dan BUMD serta tokoh agama guna meminimalisir dan memberantas upaya-upaya penyebaran informasi hoax dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. “Terakhir untuk menciptakan para jurnalis Kota Kupang yang profesional dan berintegritas maka kita akan kembali melakukan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) di Kota Kupang,” tambah Semy.

Berikut Struktur Dewan Pengurus Daerah SMSI Kota Kupang Periode 2022-2027:

Ketua: Semy R. H. Balukh (RakyatNTT.com)

Sekretaris: Leonardus Ritan (Berandawarga.com)

Wakil Sekretaris: Tommy Aquino (Wartasasando.com)

Bendahara: Sulistyastuti Sutomo (RakyatNTT.com)

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-News.Com Dengan SMSI NTT. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SMSI NTT.