SAR Maumere Gelar Siaga Satu Atasi Arus Mudik Lebaran

FlobamoraNews

MAUMERE, Flobamora–news.com – Menjelang lebaran 1440 Hijriah 2019, Kantor Search And Rescue Maumere menggelar siaga satu guna mengatasi melonjaknya arus mudik. Siaga satu itu diberlakukan pada H-8 dan H+8 sejak 28 Mei-13 Juni 2019.

Dalam operasi ini, Search And Rescue (SAR) Maumere menyiagakan 50 personil yang siap ditempatkan di setiap titik-titik siaga SAR.

“Titik-titik siaga SAR tersebut berada di kantor SAR Maumere dan yang menjadi prioritas siaga SAR saati ini di Bandara Fran Seda Maumere dan Pelabuhan L.Say. Ada titik lain di Pos SAR Manggarai Barat  seperti di Labuan Bajo dan Bandara komodo,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana, S.E M.AP kepada wartawan, Senin ( 27/5/2019).

Baca Juga :  Perjuangan Yakob Bonat Selamat dari Terkaman Buaya Ganas

Ia mengatakan, khusus di Bandara Komodo, SAR menerapkan sistem mobilink yang sifatnya disesuaikan dengan jumlah kedatangan pesawat dan kedatangan kapal di Labuan Bajo.

“Kami juga siapkan pesonil di Ende untuk melakukan siaga di Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman Ende dan pelabuhan Ipi Ende yang dilengkapi dengan Pos Sar Laut dan Pos Sar darat yang bersifat mobilink. Untuk di kabupaten Alor, SAR akan siaga di Bandara Mali dan pelabuhan Kalabahi Siifatnya mobilink dan menyesuaikan dengan jadwal kapal dan jadwal pesat yang datang,” katanya.

Baca Juga :  Frederikus Anggota DPRD Malaka, Menjadi Pendengar Saat Bersama Masyarakat

Selain di bandara, kata dia, SAR Maumere juga
menyiagakan personilnya di lokasi wisata yang ada di wilayah kerja Kantor SAR Maumere.

Alat yang dipersiapkan berupa Kapal Rescue Boat Panjang 36m , searider 4 buah yang akan dibagi untuk 2 searider di Maumere, 1 searider di Labuan Bajo dan 1 searider di Alor, serta rubber boat di Ende.

Tulisan ini berasal dari redaksi