Dinas PMD dan TID Gelar Pertukaran Inovasi Klaster II di Malaka

FlobamoraNews

MALAKA, Flobamora-News.com –Tim Inovasi Desa ( TID) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur menggelar Kegiatan Bursa Pertukaran Inovasi Desa  klaster Dua ditingkat kecamatan.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Setda Malaka (Asisten 1) Zakarias Nahak, diaula Gedung Glori Hall Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah, Rabu (21/08/19)

Asinten I Zakarias Nahak dalam sambutannya mengatakan kegiatan Bursa Pertukaran Inovasi dan Pengetahuan serta Ketrampilan ini di ikuti Enam Kecamatan.
Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah wadah pertukaran ide dan praktek cerdas, sebuah forum penyebaran pertukaran inisiatif dengan harapan dapat direplikasi oleh desa sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Baca Juga :  Peringati HUT ke-39 Yayasan Kemala Bhayangkari Kunjungi Pondok Pesantren Hidayatulloh

Sementara itu Kepala Dinas
Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Agustinus Nahak mengatakan Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk menjembatani pemerintah desa dalam menyelesaikan permasalahan desa serta solusi bagi inisiatif dan alternatif kegiatan pembangunan desa. Bursa Inovasi Desa ini menawarkan berbagai kegiatan pembangunan desa yang inovatif.

“Melalui kegiatan ini pemerintah desa dapat melihat peluang-peluang baru yang bisa dikembangkan untuk mensejahterakan masyarakat desa,” ujarnya.

“Salah satu contoh yang dapat dilakukan oleh pemerintah desa adalah memberikan sentuhan inovasi pada embung embung yang ada di desa dan mengembangkannya menjadi salah satu destinasi agro wisata yang tidak saja berdampak pada PAD, tetapi juga menggeliatkan perekonomian di desa”, kata Agustinus

Baca Juga :  dr. Oktelin: Status RSUPP Betun Tidak Turun Kelas Namun Jadi RS Tipe C

Kegiatan ini sangat positif sehingga diharapkan, setiap desa dapat mereplikasi minimal salah satu kegiatan dari berbagai kegiatan inovatif yang dipamerkan. Kegiatan tersebut harus memberikan cakrawala baru bagi pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan desa”, ujar Nahak.

Kegiatan diikuti oleh Enam kecamatan dan desa antara lain;
Kecamatan Malaka Tengah, Malaka timur, Iokufeu, Laenmanen, Sasitamean, Botin leobele , Kobalima dan kecamatan Kobalima Timur.

Tulisan ini berasal dari redaksi