Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Meneropong Lebih Dekat Model Pengukuran Kemiskinan, Permasalahan, dan Alternatif Kebijakan

Avatar photo
20190923 223457

Apabila tahap ini selesai, maka dilanjutkan ke tahap pelaksanaan kegiatan dan diakhiri dengan tahap monitoring dan evaluasi.

Dalam pandangan Nazara, Suhasil (2007) menjelaskan tahapan-tahapan dalam merumuskan kebijakan sebagai berikut : Tahap pertama, melakukan diagnosis dan analisis tentang kemiskinan. Tahap ini dilakukan kegiatan melakukan pengukuran tingkat kemiskinan, penargetan, dan penentuan jenis kebijakan atau program yang ingin dibuat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Tahap kedua, menentukan tujuan, target, dan indikator yang ingin dicapai. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan target, yaitu tujuan yang ingin dicapai harus menyesuaikan dengan standar internasional yaitu harus sesuai dengan tujuan MDGs; menentukan tujuan perlu memperhatikan distribusi pendapatan Tujuan ditentukan melalui proses partisipasi semua pihak. Tujuan selanjutnya dengan menentukan ukuran pencapaian berdasarkan waktu yang tersedia. Kemudian, tujuan harus dibuat secara spesifik dengan program agar proses monitoring menjadi lebih mudah.