Sosialiasi Pendataan Perusahaan Pers, Dewan Pers Pendirian Perseroan Perseorangan Bukan Perusahan Pers

Kontributor: LIAEditor: Redaksi
FlobamoraNews

KUPANG, Flobamora-news.com – Sebagaimana diamanatkan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, salah satu fungsi Dewan Pers yaitu melakukan pendataan perusahaan pers. Dalam pelaksanaan fungsi tersebut Dewan Pers melakukan verifikasi terhadap perusahaan-perusahaan pers dalam dua tahap yaitu verifikasi administratif dan verifikasi faktual.
Verifikasi administratif merupakan pemeriksaan dokumen legal administratif perusahaan pers sebagaimana dipersyaratkan dalam Peraturan Dewan Pers nomor 3/Peraturan-DP/X/ 2019 tentang Standar Perusahaan Pers, sedangkan verifikasi faktual dilakukan dengan cara mendatangi kantor redaksi media untuk melihat secara langsung kondisi kantor redaksi dan mekanisme kerja yang dijalankan.

Baca Juga :  Diduga Pungli, Listri Murni Kepala SD Negeri 193 Kepri Berang Saat Dikonfirmasi 

“Verifikasi faktual juga dapat dilakukan secara virtual (online) bagi perusahaan pers yang secara geografis belum terjangkau Dewan Pers. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut Dewan Pers mempunyai target ketercapaian data”, ungkap Ninik Rahayu (Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers) pada acara sosialisasi pendataan perusahaan pers secara daring dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Juni 2022 dan diikuti oleh 6 organisasi perusahan pers yang telah menjadi konstituen Dewan Pers

Di hadapan 198 peserta yang tergabung dalam 6 Organisasi Perusahan Pers (ATVLI, SPS, PRSSNI, AMSI, SMSI dan JMSI), Ninik Rahayu (Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers) menegaskan baik CV maupun Pendirian Perseroan Perseorangan bukan merupakan perusahan pers.

Baca Juga :  Diskusi Publik Membangun Sinergi Antara Pers , LSM dan Pemkab Toba

Ninik Rahayu dalam penjelasannya mengatakan sesuai UU Pers Nomor: 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Peraturan Dewan Pers Nomor: 4/Peraturan-DP/III/2008 tentang Standar Perusahan Pers, maka yang termasuk perusahan adalah Perseroan Terbatas (PT), Yayasan dan juga Koperasi sementara CV dan Pendirian Perseroan Perseorangan bukan termasuk Perusahan Pers.

Lebih lanjut Ninik Rahayu menekankan baik Perseroan Terbatas (PT), Yayasan maupun Koperasi dikategorikan sebagai perusahan pers apabila yang pertama, terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham. Kedua, tujuan perusahan pers di dalam akta pendirian harus dicantumkan secara khusus bahwa memang dimaksudkan untuk usaha pers. Dan yang ketiga, penanggung jawab/pemimpin redaksi harus memiliki standard kompetensi wartawan tingkat utama.

Tulisan ini berasal dari redaksi