45 Kali Gempa Mematikan Terjadi Akibat Sesar Aktif di Indonesia, Ini Penjelasan BMKG

Kontributor: BMKGEditor: Redaksi
FlobamoraNews

JAKARTA, Flobamora-news.com  – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa telah terjadi 45 kali gempa bumi mematikan akibat sesar aktif di Indonesia. Gempa mematikan ini terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Di Indonesia sudah terjadi lebih dari 45 kali gempa mematikan (deadly earthquake) akibat sesar aktif. Sebagian sumber gempa sesar aktif ini terletak di daratan dekat permukiman,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dia menjelaskan, kejadian gempa mematikan yang tercatat BMKG terjadi mulai tahun 1674 hingga peristiwa terbaru pada 21 November 2022 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Batik Nasional 2019

Gempa mematikan yang terjadi di Kabupaten Cianjur ini berkekuatan magnitudo 5,6 dengan pusat gempa di darat pada kedalaman 10 km di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur.

Gempa bumi akibat sesar aktif terjadi menyebar di seluruh Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi hingga Papua dengan jumlah korban jiwa yang bervariasi. 

Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-news.Com Dengan BMKG. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab BMKG. 
Tulisan ini berasal dari redaksi