Jokowi Ungkap Kunci Kesejahteraan Masyarakat NTT

FlobamoraNews

ATAMBUA, Flobamora-news.com – Ketersediaan air menjadi kunci pembangunan di NTT. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Rotiklot di Desa fatuketi, Kecamatan Kakulukmesak, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL pada Senin (20/5/2019).

“Di NTT ini, menuju sebuah kesejahteraan; menuju sebuah kemakmuran, tanpa adanya air… lupakan! Kuncinya hanya satu… Air!” Demikian tegas Jokowi saat membuka sambutannya dalam acara Peresmian Bendungan Rotiklot.

Karena itu, jelas Jokowi, di provinsi lain hanya dibangun satu bendungan, bahkan ada yang tidak sama sekali. Sedangkan di NTT dibangun 7 bendungan.

Baca Juga :  Jawaban Simple Mas Kaesang Buat Pengunjung Terhibur

Dari tujuh bendungan tersebut, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan dua bendungan yaitu Bendungan Raknamo dan Bendungan Rotiklot. Lima bendungan lain yang akan dan sedang dibangun yaitu Bendungan Napun Gete, Mbay, Temef, Manikin, dan Weikis.

“Sudah tujuh bendungan di sini (NTT, red). Itu pun Gubernur dan Wagub NTT masih minta tambah lagi”. Demikian candanya diiringi galak tawa dan tepukan tangan para hadirin. “Karena memang rumahnya di situ… jurusnya harus dimulai dari air,” lanjutnya.

Baca Juga :  Apresiasi Kinerja Kejati, GeRAK Minta Kejati Aceh Segera Tahan Darmili

Menurut RI 1, karena dengan air, masyarakat NTT dapat hidup sejahtera. “Mungkin biasanya panen sekali bisa menjadi dua atau tiga kali panen dalam setahun. Daerah yang tidak bisa nanam (tanam, red) apa-apa bisa jadi nanam apa-apa… hanya dengan air,” ujarnya.

Dikatakan, setelah Provinsi NTT kelimpahan air, maka langkah berikut adalah masyarakat NTT mulai berpikir apa yang harus ditanami. Langkah demi langkah kita mulai memikirkan jalan keluar untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

Untuk diketahui, Bendungan Rotiklot berada di daerah aliran sungai Rotiklot, dengan panjang sungai 6,41 kilometer dan luas daerah aliran sungai (DAS) 11,69 kilometer persegi. Daya tampung total bendungan ini sebesar 3,30 juta meter kubik, luas genangan 29,91 hektare, dan tampungan efektif 2,33 juta meter kubik.

Tulisan ini berasal dari redaksi