Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jokowi Ungkap Kunci Kesejahteraan Masyarakat NTT

Avatar photo
IMG 20190520 WA0074

ATAMBUA, Flobamora-news.com – Ketersediaan air menjadi kunci pembangunan di NTT. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Rotiklot di Desa fatuketi, Kecamatan Kakulukmesak, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL pada Senin (20/5/2019).

“Di NTT ini, menuju sebuah kesejahteraan; menuju sebuah kemakmuran, tanpa adanya air… lupakan! Kuncinya hanya satu… Air!” Demikian tegas Jokowi saat membuka sambutannya dalam acara Peresmian Bendungan Rotiklot.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Karena itu, jelas Jokowi, di provinsi lain hanya dibangun satu bendungan, bahkan ada yang tidak sama sekali. Sedangkan di NTT dibangun 7 bendungan.

Baca Juga :  Bupati Malaka Minta 40 Unit Mobil Pertahun, Begini Jawaban Menteri 

Dari tujuh bendungan tersebut, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan dua bendungan yaitu Bendungan Raknamo dan Bendungan Rotiklot. Lima bendungan lain yang akan dan sedang dibangun yaitu Bendungan Napun Gete, Mbay, Temef, Manikin, dan Weikis.

“Sudah tujuh bendungan di sini (NTT, red). Itu pun Gubernur dan Wagub NTT masih minta tambah lagi”. Demikian candanya diiringi galak tawa dan tepukan tangan para hadirin. “Karena memang rumahnya di situ… jurusnya harus dimulai dari air,” lanjutnya.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja ke NTT, Presiden Akan Tinjau Pengembangan Infrastruktur Wisata di Labuan Bajo

Menurut RI 1, karena dengan air, masyarakat NTT dapat hidup sejahtera. “Mungkin biasanya panen sekali bisa menjadi dua atau tiga kali panen dalam setahun. Daerah yang tidak bisa nanam (tanam, red) apa-apa bisa jadi nanam apa-apa… hanya dengan air,” ujarnya.