Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Menko PMK: “Capaian Perempuan Dbiidang Olahraga Dijadikan Motivasi Untuk Berprestasi” 

Avatar photo
IMG 20190731 WA0049

JAKARTA, Flobamora-news.com –Telah lama dianggap dan dinilai masyarakat bahwa sebagai kegiatan fisik, olahraga banyak didominasi oleh peran laki-laki. Namun faktanya, perempuan Indonesia bisa berjaya di bidang olahraga. Peraih medali pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Seoul 1988 adalah perempuan dari cabang olahraga panahan beregu putri. Begitu juga, pada olimpiade 1992 Barcelona, Peraih medali emas Indonesia adalah seorang perempuan melalui cabang olahraga bulutangkis. Pada Asian Games XVIII 2018, Indonesia mengirimkan 416 atlet putri dan 488 atlet putra, dari 31 medali emas yang diraih Indonesia, 11 medali berasal dari atlet perempuan.

Baca Juga :  Cara Daftar dan Syarat Dokumen Pendamping Sosial PKH Kemensos 2019

Artinya, begitu besar kontribusi perempuan dalam sejarah prestasi olahraga nasional. “Capaian perempuan pada bidang olahraga bisa dijadikan motivasi bagi perempuan untuk berprestasi di segala bidang… Oleh karena itu, perempuan perlu terus didorong untuk maju dalam bidang olahraga, melalui rekruitmen, pembinaan, pelatihan, dan mengikuti pertandingan prestasi,” papar Menko PMK, Puan Maharani, Rabu pagi saat membuka dan menjadi Pembicara Kunci dalam Seminar Women in Sport yang diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

IMG 20190731 WA0051

Perempuan, menurut Menko PMK, memang telah mampu berprestasi dan mengaharumkan nama bangsa melalui olahraga. Namun, masih terdapat berbagai kendala antara lain persepsi bahwa olahraga baru sekadar hobi; olahraga tidak dapat menjadi tumpuan ekonomi; olahraga adalah kegiatan yang mengandalkan fisik, lebih cocok untuk laki-laki; dan kejuaraan olahraga berpeserta perempuan yg secara rutin dan berjenjang, belum banyak dilakukan.