Tuhan Yesus dan Bunda Maria Diperkenalkan Sebelum Menjadi Anggota THS-THM

FlobamoraNews

BELU, Flobamora-news.com – Sebelum Menjadi Anggota Pencak Silat Tunggal Hati Seminar (THS) – Tunggal Hati Maria (THM), seorang harus diperkenalkan terlebih dahulu tentang Tuhan Yesus dan Bunda Maria. Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Belu Utara, Elias Martina Dias usai acara pembukaan ret-ret uang diadakan di Halaman Paroki St. Arnoldus Jansen Labor, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu pada, Jumat (28/6/2019) malam.

“Sebelum seorang diterima sebagai anggota THS-THM, kita harus memperkenalkan Tuhan Yesus dan Bunda Maria terlebih dahulu,” ujar Anggota Buser Polres Belu itu.

Menurutnya, Tuhan Yesus dan Bunda Maria diperkenalkan secara mendalam pada acara Ret-ret. Setelah melewati tahap ini, barulah seorang dapat mengikuti pendaratan untuk diterima sebagai anggota THS-THM.

Baca Juga :  Ini Profil Singkat Almarhum Mgr. Situmorang, OFMCap

Lebih dari pada itu, latihan THS-THM bukan sebagai ajang gagah-gagahan, tapi sebagai sebuah latihan untuk belajar rendah hati. “Kekuatan terbesar seorang anggota THS-THM adalah kerendahan hati mengikuti figur Tuhan Yesus dan Bunda Maria,” pungkas Brigpol Elias.

Selain rendah hati, pada para pembukaan ret-ret yang bertemakan “Hendaklah Kasih Persaudaraan Tetap Ada di Antara Kamu (Ibrani: 13.1) tersebut, Elias mengatakan bahwa melalui ret-ret, anggota bisa merubah pola pikir untuk hidup sederhana, menjadi pribadi yang lebih baik, dan menjadi teladan hidup yang baik di tengah hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga :  Renungan Pembukaan Bulan Maria: “Kecil Itu Indah”

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan ret -ret sebagai salah satu tahap awal pembinaan iman, mental, fisik, dan organisasi. Ret-ret juga menjadi salah satu wadah untuk membangun iman rohani setiap anggota untuk menjadi orang Katholik yang sejati.

Dalam ret-ret, peserta juga belajar mengenai pentingnya sakramen dalam gereja Katholik. Sebagai seorang Katholik wajib hukumnya untuk mengenal 7 Sakramen dalam Gereja Katholik.

Tulisan ini berasal dari redaksi