Irma Boimau: Literasi Sangat Penting Bagi Siswa dan Guru

FlobamoraNews

KUPANG, Flobamora-news.com –Irma Chr. Boimau, S.Pd, Kepala SDI Oebufu, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo-Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, mengatakan bahwa literasi, dalam hal ini membaca menulis, sangat penting bagi peserta didik. Tidak hanya kepada para siswa, ia juga mengharapkan agar para tenaga pendidik juga aktif membaca dan menulis karena dengan membaca dan menulis guru dapat membimbing siswa secara baik.

Hal ini disampaikan Irma Boimau di ruang kerjanya, Sabtu (7/9/2019

Menurut Irma, Kegiatan membaca dan menulis, sangat bagus untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas peserta didik. Ketika banyak membaca otomatis mereka (siswa) lebih banyak tahu dan juga lebih lancar dalam membaca. Ketika membaca sudah menjadi kebutuhan, mereka akan lebih mudah dan cepat memahami suatu teks bacaan atau suatu pernyataan soal.

Baca Juga :  Pelaksanaan UNBK di SMPN 13 Kota Kupang Berjalan Aman dan Lancar

Irma melanjutkan, literasi tidak saja berhenti pada kegiatan membaca dan menulis. Literasi hendaknya membantu siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran yaitu bisa menjawab pertanyaan, menceritakan kembali suatu teks yang telah dibaca, dan berdeklamasi dengan baik dan benar, serta aktif dalam kegiatan kreatif lainnya.

Untuk mendukung program nasional Gerakan Literasi Nasional bagi guru dan peserta didik, di sekolahnya selalu disediakan waktu yang lebih banyak bagi guru dan siswa untuk membaca.

“Dalam upaya untuk membudayakan membaca itu, setiap pagi digelar literasi umum dilanjutkan dengan membaca 15 menit sebelum memulai KBM. Kalau membaca buku-buku di perpustakaan itu dilakukan setiap hari Jumat,” terangnya.

Baca Juga :  Korem 161/Wira Sakti Adakan Komunikasi Sosial

Setelah selesai membaca sebuah buku, dilakukan evaluasi di kelas terkait judul buku serta isi buku tersebut. Setelah itu, siswa diminta untuk menceritakan kembali di depan kelas dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tulisan ini berasal dari redaksi