SDN Onitua-Sekolah Beratap Gewang dikunjungi Bung Sila dan Yayasan King Medika

KUPANG, Flobamora-news.com Sekolah Dasar Negeri (SDN) Onitua di Kupang Barat, Sekolah yang berdinding bebak (=semacam dinding pelepah batang pohon gewang) dan atap daun gewang, didirikan atas dasar keprihatinan masyarakat setempat terhadap para siswa yang harus menempuh jarak yang lumayan jauh untuk bersekolah.

Jarak yang jauh tersebut membuat sebagian siswa memilih untuk tidak bersekolah, muncul keprihatinan dari Ayub Labagai, S.Pd salah satu pendiri SDN Onitua, setelah melalui perjuangan yang berat, pihaknya akhirnya dapat mendirikan SDN Onitua.

Pada awalnya, sekolah tersebut merupakan kelas jauh dari SDI Tuadale. Sementara bangunan sekolah yang beratap daun gewang dan berdinding bebak tersebut merupakan hasil kerja masyarakat setempat.

Baca Juga :  Presiden-PM Malaysia Bertemu, Mendikbud Berharap Masalah CLS di Semenanjung Tuntas

Bangunan tersebut masih digunakan hingga saat ini. Selain sebagai ruang kelas, bangunan ini juga dimanfaatkan sebagai perpustakaan sekolah, ruang guru dan juga ruang kepala sekolah.

Menurut Ayub, hingga saat ini, pihaknya masih sangat mengharapkan bantuan ruangan kelas baru dari pemerintah, agar para siswa dapat belajar dengan aman dan nyaman serta jauh dari ancaman hal-hal yang tidak diinginkan.

Dikunjungi oleh Bung Sila dan Yayasan King Medika

Liberius Langsinus atau Bung Sila punya cara unik untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dengan menggandeng Yayasan King Medika dan beberapa relawan Bara JP, pria yang telah mengelilingi Indonesia dengan menggunakan sepeda motor ini mengunjungi SDN Onitua, Desa Tesabela, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Rabu/ 2 Mei 2018.

Baca Juga :  Mathias: Penggunaan Bahasa Inggris di Sekolah Sangat Penting

Yavid Soruh, Kepala SDN Onitua mengungkapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Bung Sila bersama rekan-rekannya. Bersama para guru, ia menerima kehadiran Bung Sila dan teman-teman dengan tangan terbuka.

Kunjungan tersebut merupakan bentuk kepedulian Bung Sila dan teman-teman dengan memberikan bantuan buku bagi perpustakaan sekolah tersebut.
Juga dilaksanakan pula pemeriksaan kesehatan gratis bagi para guru oleh tenaga kesehatan klinik King Care, klinik yang bernaung di bawah Yayasan King Medika.

Tulisan ini berasal dari redaksi