Semy Ndolu: SMK Negeri 4 Siapkan Siswa Bersaing di Dunia Kerja

FlobamoraNews

KUPANG, Flobamora-news.com – Untuk meningkatkan mutu dan daya saing siswa di dunia kerja maka dipandang perlu diadakannya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah atau biasa disebut Masa Pengenalan Linkungan Sekolah (MPLS-red) dan Masa Orientasi Lingkungan Sekolah. Hal ini disampaikan oleh Semy Ndolu Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, di ruang kerjanya, Selasa (9/7/2019)

Menurut Semy, Kegiatan saat ini adalah melaksanakan upacara pembukaan Massa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Ada 268 siswa baru dengan Sembilan Ruangan Belajar yang mengikuti kegiatan ini. Kita harapkan lewat kegiatan ini bukan saja merupkan budaya penerimaan siswa baru setiap tahun tetapi melalui kegiatan ini mereka lebih mengenal lingkungan di sekolah dan pilihan Jurusan yang sudah mereka pilih sesuai minat dan bakat siswa. Karena disana mereka akan dididik tentang jurusan yang mereka pilih, proyeksi mereka kedepan mau buat apa, dan jurusan yang mereka pilih untuk apa.

“Selain itu juga pengenalan guru yang akan mengajar, tata tertib sekolah, jam belajar sanpai jam berapa dan sikap mereka di sekolah ini diatur seperti apa, lalu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh itu yang mereka pelajari termasuk disiplin. Kita menggandeng kurang lebih ada 14 orang nara sumber yang akan memberikan materi pembekalan kepada siswa baru. “, ujar Semy

Baca Juga :  Gelar Bimtek LPMP NTT Tekankan Soal Mutu dan Kompetensi Operator Sekolah

SMK Negeri 4 memiliki 5 jurusan yaitu:?
– Desain Komunikasi Visual. Jurusan ini siswa belajar kompetensi sablon, vidio grafi,foto grafi (desaian grafis).
-Teknik Komputer Jaringan: siswa belajar bagaimana merakit komputer, instalasi sofwer, memperbaiki kerusakan komputer, mendeteksi jaringan komputer (jaringan wan dan lan),
– Kriya Kreatif Kayu dan Rotan siswa belajar ukir, bubut, skrol, kerja bangku, mesin, vinising. Produknya berupa kursi meja lemari.
– Jurusan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil adalah satu-zatunya jurusan yang memiliki kompetensi tenun untuk tingkat SMK di Kota Kupang.jurusan ini cukup diminati juga karena ada tenun, jahit, ada batik dan lain-lain. Siswa belajar caral menyiapkan bahan bakunya sampai menjadi produk yang siap pakai.

Tulisan ini berasal dari redaksi