Beranda Kota Kupang SMK Negeri 7 Tidak Kalah Bersaing Dengan SMK Yang Ada di NTT

SMK Negeri 7 Tidak Kalah Bersaing Dengan SMK Yang Ada di NTT

136
0

KUPANG,Flobamora-news.com –Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kupang sungguh luar biasa. Walaupun kekurangan guru dan fasilitas tidak ada, namun semangat guru-guru untuk membantu mengajar dan bekerja keras akhirnya prestasi anak jadi baik. Kami merasa tidak kalah bersaing dengan SMK yang ada di NTT.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah Dra. Yeftasina M.A. Niti di ruang kerjanya, Jumat (12/7/2019)

Menurut Yeftasina, untuk tenaga pengajar kami yang PNS ada 15 0rang, lebih banyak tenaga honor. Kami kekurangan guru -guru produktif (Kejuruan). Untuk Jurusan Teknik Komputer Jaringan, guru hanya Tiga, sedangkan untuk keahlian Noutika dan tehnika kami juga kekurangan. Lebih banyak guru perikanan. Kalau guru keahlian ganda ada 2 orang.
Hanya siswanya tidak ada karena peminatnya kurang.

“SMK Negeri 7 merupakan satu-satunya SMK yang membuka jurusan Kemaritiman (pelayaran). Kalau peralatanya tidak ada, ketika anak praktek kami selalu arahkan ke Navigasi dan selama ini seperti itu, Karena tidak ada peralatan. Kami berusaha bekerjasama dengan Navigasi. Jadi anak-anak praktek harus ke bengkel Navigazi. Dan ada beberapa guru yang kami minta dari sana. Kalau ada waktu mereka datang mengajar tapi lebih banyak anak-anak kesana”, kata Yeftasina.

Kami di SMK N 7 masih kekurangan ruang belajar karena ruang belajar baru 6 ruang. Sekolah ini berdiri tahun 2012.

Harapan kami ialah kedepan pemerintah tolong membantu kami dalam hal ini, guru kejuruan dan peralatan. Fasilitas untuk jurusan kemaritiman tidak ada. Untuk TKJ peralatan hanya 11 komputer yang kami pakai. Dengan jumlah siswanya semakin banyak tentu perlatan juga kurang.

Prestasi UNBK

Lebih lanjut Yeftasina mengatakan, untuk saat ini kami angkatan ke-4, kalau Ujian Nasional Berbasia Komputer SMK 7 sudah Dua kali ikut dan tidak kalah bersaing. Kalau lihat dari prestasi anak, tahun lalu ptestasi anak-anak juga nilainya ada yang dapat 100 dan tahun ini, dari SMK yang ada di NTT, SMK 7 tercatat masuk 50 besar. Jadi peringkat 27 sedangkan SMK 1 peringkat 25.

“Dengan keterbatasan kami baik guru dan fasilitas kurang tapi semangat guru-guru untuk membantu mengajar dan bekerja keras akhirnya prestasi anak jadi baik. Kami merasa tidak kalah bersaing dengan sekolah yang lengkap baik guru maupun peralatan dibanding dengan sekolah kami. Kami di sini, lebih banyak swadaya guru-guru di sini, termasuk lapangan”. Jelasnya

Sebagai kepala sekolah saya sangat berterima kasih kepada semua guru-guru baik PNS maupun guru kontrak. Mereka punya semangat untuk membantu karena mereka merasa memiliki sekolah ini. Sehingga masyarakat melihat SMK 7 ada di sini. Siswa kami tahun ini yang mengikuti UNBK hanya 39 siswa dan semua lulus dengan prestasi yang baik dan siap bersaing di dunia kerja.

Penerimaan Siswa Baru

Tahun ini pendaftaran siswa baru ada peninigkatan dibanding tahun kemarin siswanya hanya 90 sedangkan tahun ini 140 siswa yang mendaftar, yang masuk 125 siswa sesuai data yang ada.

Untuk penerimaan siswa baru kami di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 ada 140 siswa baru. Dengan pembagian Jurusan melalui tes artinya anak-anak memilih sesuai dengan keinginan mereka, kami tidak memaksakan. Tapi untuk Tiga Program study. Anak-anak lebih memilih program study Keahlian Nautika, Tehnika dan Teknik Jaringan Komputer. Untuk Nautika Kapal Penangkap Ikan belum karena siswa yang mendaftar hanya sedikit saja (peminatnya belum ada). Jadi karena sedikit itu anak2 masuk ketiga jurusan yang peminatnya banyak.

Tahun ini pendaftaran siswa baru ada peninigkatan dibanding tahun kemarin siswanya hanya 90 sedangkan tahun ini 140 siswa yang mendaftar, yang masuk 125 siswa sesuai data yang ada. Sedangkan
Rombongan Belajar (Rombel) sesuai juknis, 250 siswa yang harus kami terima dengan 7 Rombel. Tentu masih kekurangan siswa.

SMK Negeri 7 ada 4 program kaeahlian yaitu: Program Keahlian Nautika Kapal Niaga, Teknika Kapal Niaga, Teknik Jaringan Komputer dan Nautika Kapal Penangkap Ikan.

Harapan kami bagi orang tua siswa yang anaknya masih belum mendapatkan sekolah kami di SMK Negeri 7 masih membuka peluang bagi yang ingin mendaftar di sekolah kami. Moto kami bagaimana menghasilkan tamatan-tamatan yang cerdas, terampil, berkarakter, dan berdaya saing, ketika mereka turun ke dunia indudtri mereka tidak kalah bersaing di dunia kerja.


Reporter: Ricky Anyan


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here