Beranda Kesehatan AT-AHS Janjikan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Belu

AT-AHS Janjikan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Belu

264
0

Belu, Flobamora-news.com – Bakal Calon Bupati Belu, dr. Agus Taolin yang berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Bupati Belu Alosius Hale Seren menjanjikan kesehatan gratis bagi masyarakat kabupaten Belu hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Hal ini diungkapkan dr. Agus Taolin saat membacakan visi dan misinya dalam acara Pelatihan Kader “Desa/Kelurahan Tangguh” Angkatan Pertama dengan tema “Menyongsong Era ‘New Normal’ di Kabupaten Belu” di Sekretariat Rumah Perubahan paket Sehati AT-AHS pada, Selasa (23/6/2020).

dr. Agus Taolin mengungkapkan bahwa dalam safari politiknya di Kabupaten Belu, dirinya banyak mendengar keluhan dari masyarakat yang kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dikarenakan banyak faktor. Dikatakan, ada masyarakat yang keluhkan soal biaya pelayanan kesehatan yang begitu tinggi bagi masyarakat kecil, tidak adanya BPJS, KIS, dan lain sebagainya. Karena itu, apabila ada anggota keluarga yang sakit, mereka lebih memilih mencari pengobatan alternatif dari pada harus membawa orang sakit itu ke puskesmas terdekat atau rumah sakit.

“Saya jalan keliling… orang banyak yang tidak ada kartu kesehatan. Dimana-mana orang mengeluh. Mau daftar mandiri, tidak ada uang. Sedangkan bantuan pemerintah pusat terbatas 55%. Sisanya belum di-cover. Lalu mereka (Masyarakat Belu, red) mau diapain? Berupaya sendiri?” demikian tutur dokter ahli penyakit jantung itu.

Karena itu, salah satu misi perubahan yang akan mereka lakukan di Kabupaten Belu adalah pengobatan gratis bagi masyarakat hanya dengan menggunakan KTP.

“Program kami adalah berobat gratis untuk rakyat kabupaten Belu, pakai KTP saja. Itulah perubahan pertama yang akan kita lakukan. Begitu kita naik, langsung kita terapkan. Tentu ikut mekanisme yang ada,” demikian tegasnya. “Kecuali ini perusahaan milik bapak saya. Jadi jangan bikin negara ini seperti perusahaan milik bapak,” candanya.

Senada dengan apa yang disampaikan Agus Taolin, Alosius Hale Seren selaku bakal calon Wakil Bupati Belu menjelaskan bahwa bila mereka dipercayakan masyarakat untuk memimpin Belu, maka mereka tidak hanya memberikan kesehatan gratis saja, tapi juga memberi kemudahan dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat.

Kemudahan pelayanan kesehatan yang dimaksud adalah dengan memberikan tugas tambahan kepada para bidan atau perawat yang bertugas di desa untuk mencari dan memberikan pelayanan kesehatan kepada orang sakit di rumahnya. Apabila sakit yang diderita masyarakat perlu penanganan yang lebih intensif, maka pelayan kesehatan itu akan segera membawa orang sakit tersebut ke Puskesmas terdekat atau rumah sakit.

“Sekarang orang sakit cari rumah sakit. Tapi, kita usahakan agar para petugas kesehatan harus mencari orang sakit dan langsung memberikan pengobatan di rumah. Apabila tidak bisa ditangani di rumah, maka orang sakit itu harus segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Pelayanan kesehatan gratis dan memudahkan masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan itu dilakukan atas keprihatinan AT-AHS terhadap berbagai keluhan yang mereka dapatkan di masyarakat. Karena itu, wajib bagi mereka untuk menepati janji tersebut.

“Kita tidak beli kucing dalam karung. Tidak ada janji yang tidak akan terlaksana. Kalau dokter bekerja tidak dengan hati, maka berhentilah menjadi dokter karena menyangkut nyawa manusia,” ucap dr. Agus Taolin, Sp.PD, K-GEH., FANASIM.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar