Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Mengenal Sosok Humanis Melki Pote Hadi-Pandangan Balutan Budaya Sumba (4)

Avatar photo

KUOANG, Flobamora-news.com – Pemuda sebagai generasi penerus bangsa seharusnya bisa diandalkan oleh pemerintah dan daerahnya, Namun saat Ini pemuda mulai meninggalkan budaya daerahnya karena pengaruh moderenisasi yang telah menggerus kepekaan akan rasa cintanya terhadap kebudayaan.

Perlu adanya regenerasi dan pembenahan karakteristik pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang mampu mengangkat nilai-nilai budaya sebagai puncak budaya nasional. Seperti halnya, Budaya Sumba saat ini telah banyak ditinggalkan nilai-nilai kebudayaanya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Namun tidak semua generasi muda menyadari pentingnya memelihara nilai tradisi dari sisi kebudayaan sumba. Menjaga nilai budaya sangat identik dengan perkembangan kesenian. Perkembangan budaya pun sangat dipengaruhi juga dengan generasi muda yang menjadi agen perkembangannya.

Baca Juga :  Raja Sonbai: Dulu Kita Salah Menggantungkan Harapan, Martinus Siki Harapan Baru Kami , Ini Berarti Kami Tidak Salah Menggantungkan Harapan

Saat ini sangat sulit menjaga nilai nilai tradisi yang ada karena pengaruh modernisasi yang sangat cepat penyebarannya. Yang sangat dikhawatirkan saat ini adalah generasi muda pun tidak mengetahui nilai nilai budaya yang banyak mengandung pola tatanan kehidupan yang bisa menjaga keberlangsungan kehidupan dengan sejahtera.

Jika melihat nilai nilai tradisi dari kebudayaan sumba sangat besar pengaruhnya terhadap pembangunan. Kepekaan generasi sekarang terhadap budaya hilang akibat pengaruh orang tua yang tidak mengajarkan nilai-nilai tradisi dari budayanya sehingga generasi sekarang tidak mengetahui nilai besar apa yang terkandung dari budaya sumba.

Baca Juga :  Kris Dua: Kemenangan Golkar Milik Rakyat, Tidak Jatuh Dari Langit

Memang dalam perkembangannya budaya sumba telah jauh ditinggalkan oleh para generasi muda, karena terkesan kuno kampungan dan lainnya. Padahal hal yang dianggap kuno dan kampungan tersebutlah yang bisa menopang pola tatanan kehidupan yang bisa membangun karakteristik bangsa yang dapat diandalkan.

Budaya sumba memang untuk saat ini sudah menunjukan perkembangannya dengan diangkatnya ranah kesenian tradisi. seperti yang dilakukan di Kupang dengan sanggar sanggar yang ada.

Ketika pengaruh kesenian dapat memunculkan rasa ketertarikan generasi muda terhadap kebudayaan sumba. Maka, pengembangan kesenian sebagai salah satu daya tarik perlu dikembangkan sehingga menjadikan salah satu faktor pembentukan karakter generasi muda yang cinta akan budaya dan tradisinya. Sekarang ini kesenian telah menduduki status krisis yang hampir punah dan mulai ditinggalkan oleh para penerusnya.