Rohani  

Injil Yesus: Buku Cinta!

FlobamoraNews

BELU, Flobamora-news.com –  Hari ini Gereja memperingati Santo Dominikus, Pendiri Ordo Dominikan atau Ordo Predicatorum atau Ordo Pengkotbah, OP. Ia lahir di Kaleruega, Spanyol, tahun 1170. Kedua orang tuanya saleh dan taat beragama.

Semasa mudanya, ia sudah menunjukkan tanda-tanda kesucian dan semangat belajar tinggi. Pada usia 24 tahun, ia masuk biara di Osma dan tak lama kemudian ditahbiskan menjadi imam. Cinta dan pelayanannya yang tulus lahir dari doa kontemplatif yang dihayati hari demi hari.

Tahun 1215, Dominikus mendirikan sebuah Tarekat Religius, yang berciri kontemplatif dan aktif, yang kemudian diberi nama: Ordo Dominikan atau Ordo Predicatorum atau Ordo Pengkotbah, OP.

Baca Juga :  To Following Lord is Difficult

Para imam Dominikan berkotbah tentang iman yang benar, serta berusaha meluruskan kembali ajaran-ajaran sesat yang disebut bidaah yang berkembang pada masa itu. Mereka berhasil menyelamatkan orang-orang yang telah menjadi pengikut bidaah, baik melalui kotbah maupun dengan doa, teristimewa dengan doa Rosario.

Dominikus berkata, “Satu-satunya buku yang saya gunakan untuk menyiapkan kotbah adalah buku cinta yakni Injil Yesus Kristus.

Dominikus meninggal dunia dalam usia 51 tahun di Bologna, Italia, 6 Agustus 1221 dan dinyatakan sebagai Santo oleh Paus Gregorius IX pada 13 Juli 1234.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Lagu Malam Kudus

Sebelum meninggal, Dominikus berpesan, “Tetaplah penuh dalam cinta kasih dan kerendahan hati dan janganlah tinggalkan kemiskinan!”

Pengetahuan dan Iman tentang Yesus bersumber dari 2 hal yakni:
Pertama: Kata orang, bisa buku, seminar, kuliah, dan sebagainya.
Kedua: Menurutku, kataku sendiri, pengalaman pribadiku.

Yesus bertanya kepada Petrus, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Jawab Petrus, “Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!”Mat 16:16. Pengetahuan tentang Yesus harus bermuara pada pengenalanku, relasiku dan kedekatanku pada Pribadi Yesus.

Tulisan ini berasal dari redaksi