Beranda Lintas NTT Ratusan Anak Asrama di Perbatasan RI-RDTL Ikut Ziarah di Gua Bitauni

Ratusan Anak Asrama di Perbatasan RI-RDTL Ikut Ziarah di Gua Bitauni

28
0

Belu, Flobamora-news.com – Dalam rangka mengisi kegiatan Bulan Rosario di Bulan Oktober 2019 ratusan pelajar Asrama di wilayah Paroki Katedral Atambua mengikuti Ziarah di Gua Bitauni Kefamenanu pada, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan ini di awali dengan Pembinaan Karakter Anak di Pimpin oleh Pater Didimus Supardi, Sch. P. Dalam pembinaan Karakter Tersebut, Pater Didimus mengajarkan tentang nilai-nilai yang kita pelajari di asrama.

P. Didimus dan Rm. Kristianus Fallo, Pr

Dikatakan bahwa keputusan untuk belajar di Sekolah dan tinggal di Asrama salah satu bagian dari proses pembentukan diri agar tujuan yang dirancangkan oleh Tuhan itu terwujud.

“Kita harus bisa refleksi diri, mengapa kita harus sekolah dan tinggal di asrama? Bila kita sudah berefleksi diri, maka kita akan punya motivasi yang kuat untuk belajar,” ujarnya saat memberikan ceramah kepada anak-anak asrama.

Dikatakan, tanpa berefleksi diri untuk mengetahui tujuan kita bersekolah dan berasrama, maka cepat atau lambat seseorang akan memutuskan keluar dari asrama, bahkan berhenti sekolah.

Pastor yang dihabiskan pada tanggal 1 Oktober 2019 lalu itu menegaskan bahwa belajar untuk hidup karena keberhasilan dalam dunia pendidikan baru dapat diukur saat kita dapat mengolah hidup.

“Selain itu, menghargai sesama, menerima orang lain apa adanya, tidak mengambil hak orang lain, tidak merampas, tidak mencuri untuk mendapatkan keuntungan, tidak menyontek saat mengikuti ujian,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, untuk bisa berhasil dalam pendidikan, maka keluarga dan asrama memiliki peran yang sangat penting. Dalam keluarga, seseorang akan dilatih nilai-nilai dasar dalam kehidupan bermasyarakat seperti sopan-santun, saling menghargai, tata krama, dan lain sebagainya. Sedangkan di asrama, kita diajarkan tentang kedisiplinan, kerjasama, toleransi, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Romo Kristianus Fallo, Pr selaku Ketua Koordinator Asrama Se-Wilayah Paroki Katedral Atambua di sela-sela Kegiatan kepada Komsos menyebutkan Kegiatan Ziarah ini merupakan bagian dari Program Gerakan Masuk Asrama (Gemar) tingkat Paroki Katedral Atambua.

Tujuan Ziarah ini untuk membina mental dan iman anak, guna menjalin persaudaraan dan membina kreativitas anak lewat acara yang di tampilkan.

Usai pembinaan acara di lanjutkan dengan perayaan ekaristi, Yel-yel masing-masing asrama, Doa bergilir di Gua Bitauni depan Patung Bunda Maria. Usai doa bergilir, acara dilanjutkan dengan acara hiburan yang diisi masing-masing asrama.

Pada kesempatan tersebut Iwan Watu salah seorang pesiarah mengungkapkan kegembiraannya karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dirinya karena untuk melatih diri tampil di acara serta mendapat banyak hal tentang pembinaan dari pastor untuk belajar hidup mandiri.

Untuk diketahui, asrama-asrama yang ikut kegiatan ziarah ini adalah Asrama Putra Santa Maria Immaculata Katedral, Asrama Putra Calasanz Skolapio, Asrama Putri Santa Maria Goreti, Asrama putri Sta Theresia Afila, Asrama putri Susteran Ssps, Asrama putri Sta Marta, Asrama Putri Santo Antonius, Asrama putri Santa Marselina, dan Asrama Fortuna.

Turut hadir kegiatan Ziarah Bapak dan Ibu pimpinan Asrama, Suster-suster dan ziarah di kawal ketat oleh aparat Keamanan Polres Belu.


Reporter: Simpro Leki Dasi (Komsos Keuskupan Atambua)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here