Ratusan Anak Asrama di Perbatasan RI-RDTL Ikut Ziarah di Gua Bitauni

FlobamoraNews

Belu, Flobamora-news.com – Dalam rangka mengisi kegiatan Bulan Rosario di Bulan Oktober 2019 ratusan pelajar Asrama di wilayah Paroki Katedral Atambua mengikuti Ziarah di Gua Bitauni Kefamenanu pada, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan ini di awali dengan Pembinaan Karakter Anak di Pimpin oleh Pater Didimus Supardi, Sch. P. Dalam pembinaan Karakter Tersebut, Pater Didimus mengajarkan tentang nilai-nilai yang kita pelajari di asrama.

P. Didimus dan Rm. Kristianus Fallo, Pr

Dikatakan bahwa keputusan untuk belajar di Sekolah dan tinggal di Asrama salah satu bagian dari proses pembentukan diri agar tujuan yang dirancangkan oleh Tuhan itu terwujud.

Baca Juga :  MUI NTT Kecam dan Kutuk Aksi Bom Di Sejumlah Gereja di Surabaya

“Kita harus bisa refleksi diri, mengapa kita harus sekolah dan tinggal di asrama? Bila kita sudah berefleksi diri, maka kita akan punya motivasi yang kuat untuk belajar,” ujarnya saat memberikan ceramah kepada anak-anak asrama.

Dikatakan, tanpa berefleksi diri untuk mengetahui tujuan kita bersekolah dan berasrama, maka cepat atau lambat seseorang akan memutuskan keluar dari asrama, bahkan berhenti sekolah.

Pastor yang dihabiskan pada tanggal 1 Oktober 2019 lalu itu menegaskan bahwa belajar untuk hidup karena keberhasilan dalam dunia pendidikan baru dapat diukur saat kita dapat mengolah hidup.

Baca Juga :  Kemenag: Keberangkatan Umrah Harus Melalui PPIU

“Selain itu, menghargai sesama, menerima orang lain apa adanya, tidak mengambil hak orang lain, tidak merampas, tidak mencuri untuk mendapatkan keuntungan, tidak menyontek saat mengikuti ujian,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, untuk bisa berhasil dalam pendidikan, maka keluarga dan asrama memiliki peran yang sangat penting. Dalam keluarga, seseorang akan dilatih nilai-nilai dasar dalam kehidupan bermasyarakat seperti sopan-santun, saling menghargai, tata krama, dan lain sebagainya. Sedangkan di asrama, kita diajarkan tentang kedisiplinan, kerjasama, toleransi, dan lain sebagainya.

Tulisan ini berasal dari redaksi