Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sekretaris Dinas Koperindag Nagekeo Beri Kuliah Umum di STKIP Citra Bhakti, Ngada

Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20230831 WA0046
Sekretaris Dinas Koperindag/UMKM Kabupaten Nagekeo, Krispinus Saturnus Ledo Bude (bertopi) usai memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa baru di STKIP Citra Bhakti, Ngada, Photo dok: Flobamora-news

Nagekeo, Flobamoranews.com— Sekretaris Dinas Koperindag/UMKM Kabupaten Nagekeo, NTT, Krispinus Saturnus Ledo Bude memberikan kuliah umum di STKIP Citra Bhakti, Malanuza, Kabupaten Ngada Kamis 31 Agustus 2023.

Kris Ledo, begitu Ia akrab disapa, hadir menyampaikan materi kuliah umum memenuhi undangan pihak civitas akademika Citra Bhakti, dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengenalan kehidupan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dengan mengusung tema ‘Mewujudkan Mahasiswa STKIP Citra Bhakti yang Berkarakter Edupreneur, Mandiri, Inovatif dan Produktif” Kris yang belum sebulan menjabat sebagai Sekretaris Dinas Koperindag Kabupaten Nagekeo itu menekankan pentingnya orientasi praktek wirausaha di bidang pendidikan (Edupreneur) kepada 450 mahasiswa baru.

Baca Juga :  PT Flobamor Tahun 2019 Targetkan Laba Rp 3 Miliar

Dunia bisnis, kata Dia, wirausaha dan pendidikan memiliki koneksi dan titik temu melalui Edupreneur. Edupreneur atau educational Entrepreneur berasal dari 2 kata yaitu education bermakna pendidikan dan entrepreneur bermakna pengusaha atau wirasahawan. Ada juga yang menyamakan istilah Edupreneur dengan istilah teacherpreneur.

Rendahnya kompetensi dan daya saing lulusan perguruan tinggi menjadikan daya serap lulusan di lapangan juga rendah, hal ini berakibat pada banyak pengangguran terdidik di berbagai daerah yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

“Fakta yang tidak bisa kita pungkiri adalah banyak sarjana yang nganggur setelah wisuda, pulang kampung tidak tahu mau kerja apa, pada akhirnya ramai-ramai ikut CPNS” ungkap Kris usai memberikan materi.

Baca Juga :  Pemkab Nagekeo Alihkan Bantuan Perumahan Langsung ke Desa, Begini Sikap DPRD!
IMG 20230831 WA0047
Suasana kuliah umum mahasiswa baru di STKIP Citra Bhakti, Ngada, Photo dok: Flobamora-news

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian program entrepreneurship pada peserta didik di semua lembaga pendidikan baik formal maupun non formal memberikan dampak positif. Hal tersebut seperti meningkatkan minat, jiwa kemandirian dan inovatif.

Dalam pemaparannya, Kris Ledo menekankan pentingnya kesadaran dan perubahan pola pikir atau mindset mahasiswa sebagai kaum intelektual, agar tidak hanya berorientasi menjadi PNS pasca menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah. Hal ini berangkat dari realitas kecenderungan lulusan Perguruan Tinggi untuk mencari pekerjaan, bukan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya juga mengedukasi para mahasiswa baru, agar setelah selesai kuliah jgn orientasi PNS, boleh jadi PNS kalau ada kesempatan, tapi pastikan ada usaha sampingan” sarannya.

Baca Juga :  Berdinas ke Belanda, Bupati Belu Lupa Jalan Pulang

Dengan mengikuti kuliah umum tersebut, Lulusan Fakultas Teknik Elektronik dan Telekomunikasi Universitas Gajayana, Malang ini berharap, pentingnya korelasi antara pendidikan dengan Entrepreneurship untuk merubah mindset dan paradigma berpikir mahasiswa sehingga sehingga seiring berjalannya waktu akan muncul karakteristik entrepreneur seperti mandiri, inovatif dan produktif dalam diri mahasiswa itu sendiri.

“Saya berharap dengan adanya kuliah umum hari ini Ade-Ade mahasiswa harus bisa tanamkan jiwa wirausaha sejak di bangku kuliah, mari kita berdayakan sumber daya yang ada untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomis” pesan Kris Ledo. (***)

Sumber: Https://www.flobamoranews.com