Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Dukung Pengembangan Pariwisata, Pemerintah Akan Perbaiki Rumah Adat Batak Samosir

Avatar photo
20190731 181235

MEDAN,Flobamora-news.com –Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana mengunjungi Rumah Adat Batak Samosir di Kampung Huta Raja, Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Kecamatan Pangaruruan, Kabupaten Samosir, Selasa (30/7/2019).

Untuk mendukung pengembangan pariwisata di wilayah sekitar Danau Toba, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memperbaiki sejumlah Rumah Adat Batak Samosir atau Rumah Gorga karena kondisinya yang sudah tua dan kurang layak.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Ada beberapa rumah, sekitar 40 unit akan kita coba rehabilitasi, supaya pelatihan tenun dan keahliannya terus berlanjut,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Rumah Adat Batak Samosir dan Pusat Tenun Ulos di Kampung Huta Raja, Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Kecamatan Pangaruruan, Kabupaten Samosir, Selasa (30/7/2019).

Baca Juga :  Kunker ke Jawa Timur, Presiden Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah

Perbaikan Rumah Gorga itu juga dimaksudkan sebagai jawaban atas harapan masyarakat setempat terkait rencana pengembangan kampung tersebut sebagai salah satu destinasi wisata di Samosir.

Menteri PUPR meyakini, apabila Kampung Tenun Ulos Huta Raja dapat ditata dengan lebih baik serta dilengkapi dengan berbagai infrastruktur dasar seperti sanitasi, maka dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

IMG 20190731 WA0065