Pulau Pasir Putih Meko – Surga Tersembunyi di Adonara

FlobamoraNews

Kisah Eksplorasi Wisata Elsje Mansula Ke Pulau Pasir Putih Meko di Adonara (1)

ADONARA, Flobamora-news.com – Nusa Tenggara Timur sebagai New Tourism Territory punya begitu banyak spot wisata bahari indah dan eksotis. Salah satunya Pulau Pasir Putih di Pulau Adonara yang dikenal dengan Pulau Pasir Meko.

Pulau Pasir Meko ini juga dikelilingi tiga gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Api Ile Ape yang terletak di Kabupaten Lembata, Gunung Api Ile Boleng yang terletak di Adonara serta Gunung Batutara yang letaknya jauh di tengah lautan.

Baca Juga :  Ribuan Penari Likurai Bakal Ramaikan Pembukaan ETMC

Saya Elsje Mansula beserta keluarga berkesempatan mengunjungi Pulau Pasir Putih Atau Pulau Timbul Tenggelam Atau Pulau Meko di Kepulauan Adonara Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu/20 Juni 2018.

Untuk menjangkau Pulau Pasir Putih/ Pulau Timbul Tenggelam, harus ditempuh dengan perjalanan dari Kota Reinha Larantuka Ibu Kota Kabuapten Flores Timur, dilanjutkan menuju Adonara dengan menggunakan kapal Fery dengan waktu tempuh sekitar 3 (tiga) Jam dengan membayar 50 ribu rupiah saja.

Sesampai di Pelabuhan Waiwerang-Adonara, dengan kendaraan menuju Desa Meko dengan waktu tempuh 30 menit karena kondisi Jalan tidak beraspal dan berdebu. Dari Desa Meko, dengan menggunakan perahu ketinting (perahu motor kecil) dengan waktu tempuh 40 (empat puluh) menit menuju ke Pulau Timbul Tenggelam; begitulah sebutan Saya bagi Pulau Pasir Putih Meko.

Baca Juga :  Willybrodus Lay: Festival Budaya Fulan Fehan Berlangsung Dengan Baik dan Meriah

Tampak laut yang begitu jernih sehingga kelihatan pemandangan dasar laut yang indah. Tampak dari kejauhan beberapa orang Seperti berdiri diatas hamparan air, terbentang di depannya Pulau Kelelawar. Rupanya terdapat hamparan kecil tumpukan pasir putih yang menyerupai pulau kecil seluas 300m2.

Itulah Pulau Pasir Putih Meko di Tanah Adonara. Saat kami tiba, air laut perlahan mulai surut bersama terbenamnya matahari. Tampak disebelah timur Gunung Ile Ape di Kabupaten Lembata. Waktu saat itu menunjukkan pukul 17.35 wita, saat Matahari mulai perlahan terbenam.

Tulisan ini berasal dari redaksi