Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bakal Calon Gubernur NTT Frans Aba Sambangi Rumah Adat Suku Nataia di Nagekeo

Avatar photo
IMG 20230713 092450
Frans Aba diterima adat saat berkunjung ke Desa Nataia, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Rabu, 12 Juli 2023

Nagekeo, Flobamoranews.com-– Di sela kunjungan ke Kabupaten Nagekeo dalam rangka peresmian rumah Gotong royong, Bakal calon Gubernur NTT, Fransiskus Xaverius Lara Aba berkesempatan  menyambangi rumah adat suku Nataia, di Desa Olaia, Kecamatan Aesesa, Rabu, 12 Juli 2023, malam.

Tiba di pintu masuk rumah adat, Frans Aba disambut Kepala Suku Nataia, Patrisius Seo dengan sapaan adat khas Nagekeo. Dalam sapaannya, Patrisius meminta restu dari leluhur untuk memberi kesehatan dan memuluskan segala perjuangan Frans Aba.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kita meminta restu dari leluhur untuk memudahkan perjuangan dan memberi kesehatan bagi Bapak Frans Aba,” ujar Patris Seo.

Baca Juga :  PAN Perpanjang Jadwal Pendaftaran Calon Bupati Nagekeo

Menurut tradisi suku Nataia secara turun temurun, manakala ada tamu yang masuk ke rumah adat, maka tamu terlebih dahulu dilakukan ritual untuk membersihkan diri.

Tokoh adat lain, Arnol Dju Wea menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan politisi muda tersebut. Dia berharap, kunjungan bakal calon Gubernur NTT tersebut bukan yang terakhir kalinya. “Saya juga berterima kasih atas kesempatan yang luar biasa ini sehingga bisa diterima secara budaya. Kami mendoakan Bapak Frans ,” jelasnya.

Sebagai orang yang lahir dari budaya, Frans Aba terharu dengan penerimaan adat suku Nataia, Nagekeo. Baginya, sambutan Ketua Suku Nataia merupakan suatu hal yang luar biasa.