Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gempabumi Tektonik M6.0 Guncang Laut Sawu NTT Tidak Berpotensi Tsunami

Avatar photo
Reporter : Robert Editor: Reduksi
IMG 20230725 WA0015

KUPANG, Flobamora-news.com – Gempabumi tektonik magnitudo (M) 6.0 mengguncang Laut Sawu tepatnya di wilayah Pantai Barat Laut Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 25 Juli 2023 pukul 07.25.12 WIB.p

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kupang Margiono bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,26° LS ; 123,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 4 Km arah Barat Laut Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 67 km.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas tumbukan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( _normal_ _fault_ ).

Baca Juga :  Kemenag: Keberangkatan Umrah Harus Melalui PPIU

Dampak Gempabumi:

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-News.Com Dengan BMKG . Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab BMKG .